LENSAINDONESIA.COM: Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ( Dishubkominfo) Kota kediri melakukan uji kelayakan kendaraan 50 bus, yang akan digunakan menjelang hari raya lebaran. Uji kelayakan kendaraan bermotor meliputi diantaranya uji emisi gas buang, uji kir, dan kelayakan ban. Uji kelayakan itu dilakukan di terminal Tamanan Kota Kediri, pada semua kendaraan umum, terutama semua Bus.

Sementara itu dari pantauan lensaindonesia.com dilokasi uji kelayakan,  petugas uji kir menemukan 1 bus yang ditilang, karena kipas pembersih kaca tidak berjalan. Sedangkan bus lainnya hanya diberi peringatan.

Menurut Sukandar, penguji kendaraan bermotor Dishubkominfo Kota Kediri, pengujian dilakukan, agar semua bus mematuhi peraturan dan melengkapi semua kendaraannya, seperti lampu, asap yang tidak terlalu hitam, kipas kaca, hingga mengganti ban yang sudah gundul. Karena menyangkut keselamatan penumpang saat Lebaran. “ada beberapa kendaraan Bus yang hanya mendapatkan peringatan saja. Petugas, akan terus memantau bus yang tidak melengkapi kendaraannya, karena dikhawatirkan membahayakan penumpang,” pungkasnya. aka/LI-08