Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE UTAMA

Lebaran, Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta Capai 1.200 Penerbangan 

LENSAINDONESIA.COM: Lonjakan pemudik melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (27/8/2011) siang, belum terlihat.

“Kondisi jumlah penumpang masih normal dan belum terlihat adanya lonjakan,” kata Petugas Posko Lebaran 2011 Bandara Soekarno-Hatta, Tri Nugroho.

Menurut dia, bahwa hingga pukul 16.11 WIB, pergerakan pesawat sebanyak 400 penerbangan membawa sebanyak 58.907 penumpang ke berbagai kota.

Dia menambahkan, pemudik dengan tujuan Medan, Surabaya, Semarang, Pontianak, dan Yogyakarta masih normal melalui terminal I dan II keberangkatan.

Namun untuk penumpang yang hendak berlibur dengan tujuan Denpasar, Bali sudah menunjukan adanya peningkatan ketimbang beberapa hari sebelumnya.

Setiap hari pergerakan pesawat di bandara terbesar di Indonesia itu sekitar 600 hingga 800 penerbangan, tapi memasuki empat hari menjelang Lebaran, akan meningkat menjadi 1.000 hingga 1.200 penerbangan.

Sementara itu, Penanggungjawab Posko Lebaran Bandara Soekarno-Hatta, Jaya Tahoma Sirait mengatakan bahwa, prediksi lonjakan akan terjadi pada Minggu (H-2) Lebaran dengan asumsi kenaikan mencapai 18 persen.

Menurut Jaya Tahoma bahwa, kenaikan 18 persen jumlah penumpang itu diasumsikan sebanyak 144.125 penumpang setiap hari.

Walau begitu, katanya, manajemen berbagai maskapai telah menyediakan tambahan sebanyak 61.573 tempat duduk mulai H-7 hingga H+7.

Tambahan tempat duduk, katanya, tidak saja untuk penerbangan lokal melainkan juga rute luar negeri dan paling diminati yakni ke Singapura.

Bahkan sebanyak 40 persen merupakan penerbangan internasional menyediakan 24.000 tempat duduk, diantaranya tujuan Singapura sebanyak 71 pesawat, Hongkong 14 penerbangan dan Korea Selatan sebanyak 18 penerbangan.

Untuk penerbangan domestik ada sebanyak 207 penerbangan tambahan ke Denpasar (66 pesawat), Surabaya (24), Yogyakarta (23), Padang (21) Semarang dan Pekanbaru masing-masing (14) dan selebihnya Makassar.esa/at/LI-07

Baca Juga:  Saatnya bisnis tata rias online besutan waria menuju Unicorn (3)