LENSAINDONESIA.COM: Putusan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah, sehari lebih cepat dilakukan Jamaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat.

Jamaah beraliran tarekat ini akan melakukan takbiran nanti malam, Minggu (28/8/2011). Artinya, pelaksanaan Shalat Id akan dilakukan besok Senin (29/8/2011).

Pelaksanaan Shalat Id lebih cepat dibanding Muhamadiyah ini dibenarkan Pengurus Surau Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Padang, Edizon Revindo, Minggu (28/8/2011).

“Iya, nanti malam kami menggelar takbiran di Surau Baitul Makmur, tanda puasa kita berakhir hari ini. Besok pagi sekitar pukul 08.00 WIB kami akan melakukan salat Idul Fitri,” jelasnya.

Bahkan, menurutnya, keputusan tersebut berlaku bagi seluruh anggota tarekat yang ada. “Ada 3.000 lebih pengikut akan ikut bersama-sama takbiran yang tersebar di seluruh Sumatera Barat sampai di Riau,” tegasnya.

Dia mengatakan, hal itu berdasarkan dengan melihat hilal (bulan) dengan mata telanjang dan rukyat. “Kami telah melihat hilal dilakukan pada malam ke 15 ramadan (15 Agustus lalu) pada pukul 18.30 WIB dan pukul 24.00 WIB. Dari hasil yang kami pantau bulan begitu tampak terang dan kami tetapkan Hari Raya Idul Fitri pada 29 Agustus,” tambah salah seorang murid Surau Baitul Makmur. DAE/LI-10