LENSAINDONESIA.COM: Untuk mengetahui fluktuasi jumlah penumpang mudik Hari Raya Idul Fitri, UPTD Terminal Purabaya, ternyata Dinas Perhubungan Kota Surabaya disiplin meng-update data penumpang yang naik dan turun bus di Terminal Purabaya (Bungurasih).

Kepala UPTD Terminal Purabaya Surabaya May Ronald mengemukakan, updeta jumlah penumpang tersebut dilakukan agar Dinas Perhubungan bisa mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang.

“Update kita lakukan setiap dua jam sekali. Dengan mengamati data penumpang tersebut, kami bisa mengetahui kapan dan apa yang akan kita lakukan untuk mengantisipasi ledakan pemudik,”kata May Ronald, Selasa (30/8).

Berdasarkan data update UPTD Terminal Purabaya, pada lebaran tahun ini, lonjakan penumpang secara besar terjadi pada H-3 lebaran. Pada hari itu, tercatat jumlah pemudik mencapai 93.718 orang penumpang.

Sementara, kata Ronald sesuai data yang ada, jumlah penumpang ke esokan harinya pada H-2 hingga H-1 lebaran, tingkat pemudik baik yang naik maupun turun di Terminal Purabaya berangsur angsur turun.

Menurut Ronald, penurunan jumlah pemudik tersebut dikarenakan para penumpang sebagian besar  telah terangkut Bus. Selain itu, ujar dia, penurunan jumlah pemudik pada H-2 dan H-1 itu tidak luput dari kesiapan seluruh pihak terutama Perusahaan Otobus (PO) serta pemerintah yang matang dalam memperhitungkan dan mempersiapkan armada.

“Penurunan yang jumlah signifikan mendekati lebaran ini juga dikarenakan adanya program mudik gratis dari pemerintah daerah serta beberapa perushaan,”urai Ronald

Kepada wartawan, Kepala UPTD Terminal Purabaya itu menyebutkan, pada H-1 lebaran jumlah penumpang di Purabaya hanya 32.303 penumpang. Rincianya, sebanyak 30.727 naik dan 15.876 orang penumpang turun.

“Jumlah itu merupakan update sampai pukul 12.00 Siang. Dan penumpang tersebut semua terangkut dengan 668 unit Bus,”ujarnya detail.

Ditambahkan Ronald, meski masih rapai hilir mudik penumpang, pasca H-3 lebaran diterminal Purabaya sudah tidak tidak ada lagi penumpukan pemudik lebaran. “Lancar. Tidak ada penumpukan penumpang. Semuanya lancar,”timpalnya.rid/LI04