Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE HEALTH

Wah Gawat, Radiasi Ponsel Bisa Menyebabkan Kanker 

LENSAINDONESIA.COM: Selain menyebabkan kepikunan dan kelainan pada otak, ternyata memakai ponsel terlalu lama berisiko menyebabkan kanker (karsinogenik).

Dari hasil penelitian yang dilakukan 31 ahli medis dan epidemiologi Prancis, dengan melakukan pemantauan yang relevan dari pemakaian ponsel dan paparan medan elektromagnetik di tempat mereka bekerja.

Hasil penelitian yang dilakukan para ahli medis dan epidemiologi mendapat perhatian dari Badan Penelitian Kanker, Badan Kesehatan Dunia.

“Kesimpulan dari penelitian itu melihat apakah ada hubungan antara pemakaian ponsel dengan risiko terkena kanker, tetapi pada penelitian ini tidak disebutkan secara jelas tentang nama kankernya,” papar Ed Yong, salah satu peneliti Badan Penelitian Kanker.

Ed Yong mengungkapkan, sebenarnya, penelitian tersebut sudah pernah dilakukan dalam beberapa tahun ketika pertama kali ponsel keluar, yaitu pada medio 1980-an.

“Untuk itu perlu dilakukan penelitian lagi, apakah risiko ini karena penggunaan jangka panjang pada pemakaian ponsel dan berapa lama efek yang terjadi, jika penelitian ini relevan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Christoper Liar, Direktur dari Badan Penelitian Kanker menjelaskan dengan adanya penelitian ini fungsi preventif atau promosi kesehatan sangatlah penting karena promosi kesehatan haruslah mengambil informasi dari hasil penelitian ini dan diharapkan pemberi informasi harus selalu pintar dalam penyampaian ke masyarakat.

Seperti diketahui penyebab ponsel kepada kepikunan lantaran intensitas radiasi elektromagnetik yang diterima oleh materi (kepala khusus bagian telinga), akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak. Artinya makin dekat dengan sumber radiasi (ponsel) akan makin besar radiasi yang diterima.

Hal dikarenakan pengaruh gelombang mikro terhadap tubuh manusia menyatakan bahwa untuk daya sampai dengan 10 mW/cm2 masih termasuk dalam nilai ambang batas aman. Radiasi gelombang ini yang sedang diteliti oleh Prof. Leid Salford, yaitu dampak radiasi elektromagnetik ponsel terhadap tubuh manusia.yd/LI-07

Baca Juga:  Naik 310 persen, 55.000 UMKM peroleh kucuran kredit dari platform digital Amar Bank