LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) terjadi di sekitar Kepulauan Aleutian Alaska, negara bagian Alaska, Amerika Serikat, pada Jumat, (2/9) pada pukul 10:55 GMT, di kedalaman 22,1 mil.

Akibat gempa berkekuatan cukup besar ini, otoritas setempat melaporkan bahaya tsunami di sepanjang pantai Alaska setelah satu jam terjadi.

Peringatan ini berlaku untuk daerah Aleutian yang termasuk Unalaska/Harbor Belanda, daerah berpenduduk terbesar di daerah itu dan daerah Andak.

Menurut Direktur National Oceanic and Atmospheric Administration (BMKGnya Amerika) di Palmer, Alaska, Paul Whitmoremenyatakan bahwa ancaman tsunami tersebut sampai sejauh ini tidaklah terjadi.

“Hal itu terjadi di daerah yang sangat terpencil dan tidak ada kota-kota dekat pusat gempa. Masyarakat yang terdekat dari pusat gempa tersebut adalah Atka, sebuah desa Aleut yang dihuni sekitar 60 orang dan berada100 mil ke barat dari pusat gempa,” kata Whitmore.

Untuk diketahui, pada 23 Juni 2011 yang lalu, Kepulauan Alaska pun diguncang gempa dengan kekuatan 7,3 SR dan berpotensi tsunami.pay/skn/LI-07