LENSAINDONESIA.COM: COE-ORI (Contingent Own Equiptment – Own Readynes Inspection) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh UNIFIL, berupa pemeriksaan terhadap barang-barang perlengkapan dan material yang dibawa oleh semua kontingen negara-negara yang terlibat dalam misi operasi di Lebanon.

Dengan harapan, diketahui, apakah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan agar dapat melaksanakan tugasnya di Lebanon.

Untuk itu, pada tanggal 6 September 2011 SEMPU menerima kedatangan Tim COE-ORI dari Naqoura dibawah pimpinan Mr James bersama 5 orang rekan lainnya. Kapten Laut (PM) Sodiq Mardiyan, Pasilog SEMPU mewakili Komandan, dalam menerima kehadiran tim tersebut di ruang VIP SEMPU bersama sejumlah perwira staf lainnya.

Sebelum pelaksanaan, Pasilog SEMPU menyampaikan sekilas paparan terkait dengan beberapa perwira yang akan mendampingi TIM COE-ORI, sesuai dengan pembagian bidang pemeriksaan seperti pemeriksaan terhadap peralatan komunikasi, Korimex, perlengkapan TON MP, kendaraan-kendaraan, generator, perlengkapan kantor, kamar mandi, dan lainnnya.

Setelah pembagian siapa yang akan mendampingi, maka para pemeriksa dengan didampingi perwira yang bertanggungjawab segera melakukan pemeriksaan. Apakah barang atau material yang diperiksa masih sesuai dengan jumlahnya, dalam kondisi baik atau sudah tidak dapat dipergunakan lagi.

Sehingga, dengan pemeriksaan itu dapat diambil kesimpulan bahwa kontingen satuan tugas dari negara tersebut dapat melaksanakan tugasnya atau tidak. Selain itu, akan disertakan catatan apabila terdapat hal-hal yang memang perlu untuk mendapatkan perhatian bagi negara pengirim pasukan.

Dari apa yang telah diperiksa oleh Tim COE-ORI, SEMPU boleh bernafas lega. Karena, hasil penilaian menyatakan, bahwa SEMPU masih layak dan mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang diminta oleh UNIFIL. Pelaksanaan pemeriksaan dari Tim COE-ORI ini berakhir dengan acara ramah tamah berupa makan siang dan pemberian cinderamata serta ditutup dengan foto bersama. RED/LI-10