LENSAINDONESIA.COM: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berjanji akan mengusir LSM asing Greenpeace dari Indonesia.

Pernyataan ini dikatakan secara tegas oleh Gamawan di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Kamis, (8/9).

“Terkait dana dari luar negeri, Greenpeace sudah melanggar UU No. 8/1985. Itu sudah pasti ada sanksinya yakni berupa pembekuan. Untuk itu kami akan memfasilitasi agar Greenpeace segera diusir dari Indonesia,” tegasnya.

Seperti diberitkan dua media harian nasional, Kamis (25/8), Greenpeace cabang Indonesia terbukti menerima dana miliaran rupiah dari Greenpeace Asia Tenggara. Meskipun sebelumnya, pimpinan Greenpeace berulangkali membantah menerima bantuan dana dari luar negeri.

Selain menerima dana haram, Greenpeace cabang Indonesia juga terbukti membodohi hukum Indonesia. Pasalnya, LSM yang bermarkas di Belanda ini tidak terdaftar di Kesbangpol Pemprov DKI Jakarta dan Kesbangpol Kemdagri.

Karenanya, Gamawan kembali menegaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan kementerian terkait guna mengambil tindakan tegas terhadap Greenpeace.

“Kita akan memproses pembekuan Greenpeace secepatnya. Tunggu saja,” tegas Gamawan.rol/lns/LI-07