LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengatakan, meskipun sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945, namun hingga kini Indonesia belum bisa dikatakan berdaulat spenuhnya, sebagai sebuah bangsa. Hal itu akibat hilangnya idealisme generasi sekarang.

“Kita belum berdaulat di bidang politik, tetapi ini adalah kesalahan generasi kita sekarang ini yang tidak punya idealis lagi,” kata Mega disambut sorakan ribuan kader PDIP yang memadati acara halal bihalal di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (11/9/2011).

Teriakan “Hidup Mega, Hidup Mega, Hidup PDIP, Hidup PDI-P!” dengan tepuk tangan riuh pun acapkali terdengar tak henti membahana, tatkala Megawati menyampaikan kalimat demi kalimat dalam orasi politiknya dihadapan ribuan kader dan simpatisan PDI-P.

Menurut mantan Presiden Wanita Pertam RI ini, betapa ia sangat geram bila ada yang mengatakan Indonesia belum merdeka. Padahal, perjuangan para pahlawan telah mencapai puncaknya pada saat Proklamasi kemerdekaan di bacakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Kita sudah memperoleh kemerdekaan. Kalau kemudian saat ini kita belum berdaulat di negara ini, jangan salahkan Proklamator kita,” tandas Mega.

Selain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Taufiq Kiemes, halal bihahal juga dihadiri para fungsionaris partai berlambang kepala bantang moncong putih ini. Tampak diantaranya, Puan Maharani, Tjahyo Kumolo, Pramono Anung dan sejumlah elit partai. Gubernur DKI Jakarta Fauzy Bowo juga tampak hadir diantara deretan petinggi PDIP. ESA/LI-10