LENSAINDONESIA.COM: Bertempat di aula Makodam IV/Diponegoro, Asintel Kasdam IV/Diponegoro Letkol Inf Endra M. Harahap menerima kunjungan kerja tim dari Spamad yang diketuai oleh Kolonel Inf G. Soesatio.

Kunjungan ini bertujuan memperoleh gambaran tentang penyelenggaraan fungsi intelijen di satuan bawah dan memberikan pengarahan kepada para aparat intelijen jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pejabat Intel/Pam dapat memberikan masukan data yang obyektif dan valid, sekaligus untuk melihat data di lapangan guna dilakukan evaluasi dan dirumuskan dalam kebijakan program dan anggaran yang akan datang.

Selanjutnya tim Spamad memberikan beberapa penekanan yang patut dijadikan pedoman, diantaranya pertajam temuan intelijen di lapangan, budayakan temu cepat, lapor cepat dalam rangka deteksi dini, dan cegah dini.

Selanjutnya, tim Spamad juga mengikuti perkembangan global, regional maupun nasional. Tujuannya untuk mengantisipasi ancaman yang mungkin akan timbul. Karena itu koordinasi lintas sektoral sangat diperlukan.

Selain itu, setiap kejadian menonjol yang terjadi harus segera dilaporkan pada kesempatan pertama, karena laporan yang cepat dan tepat waktu dapat bermanfaat bagi pimpinan. Sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mendukung tugas pokok serta berdayakan desk anti teror di daerah melalui koordinasi antar unsur intelijen, terkait ancaman terorisme di daerah.pendam4/ dispenad/LI-07