LENSAINDONESIA.COM: Guna mengantisipasi pengerahan simpatisan ke Ambon, Kepolisian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (KP3) yang dipimpin AKBP Jayadi, telah menyiapkan 100 personil yang meliputi reserse dan intel, Selasa (13/9).

Dari 30 Brimob wilayah Tandes, Surabaya, petugas membawa 2 anjing pelacak yang disiagakan untuk mensweeping penumpang kapal tujuan Kalimantan.

Kegiatan yang dimulai pukul 18.30 Wib tersebut dilakukan di wilayah Gapura Surya Tanjung Perak.

“Ada 2 Kapal Penumpang menuju Kalimantan yang kami sweeping, yaitu kapal Farina Nusantara dan kapal Safira. Selain itu siang tadi kami juga mensweeping kapal Tidar. Semua keberangkatan Kalimantan,” jelasnya pada wartawan.

“Tujuan kegiatan ini sendiri yakni mengantisipasi jangan sampai ada penumpang yang membawa barang senjata tajam, bahan peledak atau barang yang dilarang negara. Kami tidak > menginginkan adanya penumpang simpatisan yang akan transit ke Balikpapan ataupun Makasar tujuan Ambon,” tambahnya.

Rabu besok (14/9), lanjut Jayadi, pihaknya juga akan mensweeping kapal Ciremai keberangkatan Ambon. Kegiatan sweeping ini kami lakukan hingga suasana Ambon kondusif,” tambahnya.bam/LI-07