LENSAINDONESIA.COM: Asistant Administrator United States Agency for International Development (USAID) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika untuk Asia, Nisha Biswal, hari ini berkunjung ke SD Sedati Gede 02 di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kunjungan mereka bertujuan untuk melihat perkembangan kemitraan Pemerintah AS dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pendidikan dasar di Indonesia.

SD Sedati Gede 02 merupakan salah satu dari ribuan sekolah di Indonesia yang mendapatkan bantuan dari U.S. Agency for International Development program untuk meningkatkan Decentralized Basic Education (DBE) di Indonesia.

DBE bekerja sama dengan daerah-daerah dan sekolah lokal untuk mempromosikan kelas yang interaktif dan menargetkan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan tata kelola sekolah. Assistant Administrator Biswal mengunjungi sekolah selama satu hari di Surabaya, yang merupakan bagian dari kunjungannya ke Indonesia.

Rencananya Ms.Biswal juga akan bertemu dengan Gubernur Jawa Timur dan perwakilan organisasi lokal masyarakat sipil. Ms.Biswal bertanggung jawab untuk semua program USAID di Asia.

“Bersama dengan Pemerintah Indonesia, tujuan kami adalah untuk meningkatkan performa siswa dalam bidang membaca dan menulis, ilmu pengetahuan, dan matematika dengan panggunaan pembelajaran aktif di kelas dan meningkatkan manajemen sekolah,” kata Ms.Biswal.

Dukungan untuk pendidikan di Indonesia merupakan komponen yang penting dalam Kemitraan Komprehensif antar Indonesia dan AS yang telah ditandatangani oleh Presiden Barack Obama dan Presiden SBY pada Nopember 2010.

DBE telah bekerja di tujuh provinsi antara lain; Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Aceh, Sumatera barat, dan Sulawesi Selatan selama enam tahun terakhir.

Sidoarjo merupakan salah satu dari Sembilan kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan bantuan dari program DBE yang melibatkan 20 sekolah dan madrasah. Bantuan usaha USAID dalam pendidikan dasar telah membantu lebih dari 1.500 sekolah, 36.000 pendidik, dan 350.000 siswa dalam hal peningkatan belajar-mengajar, keterlibatan masyarakat dalam manajemen sekolah.

Pemerintah AS akan melanjutkan untuk bermitra dengan Pemerintah Indonesia dalam usaha kolaborasi untuk meraih performa siswa yang lebih baik melalui peningkatan kualitas mengajar dan institusi pendidikan di Indonesia yang dikelola lebih baik.ian/LI-07