LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 21 mahasiswa berprestasi asal Provinsi Jawa Timur dari Jurusan Sastra Jepang di kampus Surabaya dan Malang terpilih sebagai penerima beasiswa dari East Java Japan Club (EJJC) dan berhak mempelajari sastra dan budaya di negeri Sakura.

“Sudah kami pilih mereka. Mahasiswa itu bisa menuntaskan dan mendalami sastra dan budaya Jepang di negeri kami langsung,” terang Ketua EJJC Ebisu Etsuko, Minggu (18/9/2011).

Para penerima beasiswa tersebut tersebar di kampus negeri dan swasta di Surabaya dan Malang. Mereka ada yang duduk di semester tiga hingga delapan.

Ke-21 mahasiswa penerima beasiswa dari Jepang tersebut masing-masing dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebanyak 7 mahasiswa. Universitas Dr Soetomo (Unitomo) berjumlah 5 mahasiswa, Universitas Airlangga (Unair) sebanyak 3 mahasiswa, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya 1 orang, serta Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang sebanyak 5 mahasiswa.

Beasiswa khusus mahasiswa sastra jepang ini merupakan program tahunan EJJC bersama Konsul Jendral Jepang. Saat ini sudah memasuki tahun ke-18. Hingga saat ini, total mahasiswa yang mendapat beasiswa itu sebanyak 318 mahasiswa.

“Tiap tahun kita selalu pilih. Bagi yang belum menerima, bisa mencoba lagi tahun depan,” ucap Ebisu.

Selain mendapat bantuan beasiswa jutaan rupiah, mereka juga berhak atas jaminan hidup di Negeri Sakura itu. Mereka harus fokus mendalami budaya dan sastra Jepang. Mahasiswa tersebut dilarang ikut kerja paruh waktu di sana.

Para mahasiswa penerima beasiswa itu diminta lebih banyak berinteraksi dengan orang dan kebudayaan Jepang.sehingga nantinya bisa menjadi jembatan bagi hubungan Jepang dan Indonesia.ian/LI-07