LENSAINDONESIA.COM: Ijin usaha di Surabaya kini semakin mudah dan praktis. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan program Layanan simpatik perijinan usaha SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) ‘Satu Hari Jadi’ di Balai Kota Surabaya.

Program layanan simpatik ini diselenggarakan secara berkala setiap Sabtu, dua kali dalam sebulan, mulai September hingga Desember 2011.

Untuk bulan September, layanan diadakan pada tanggal 17 dan 24, Oktober tanggal 8 dan 22, Nopember 5 dan 26, serta Desember tanggal 3 dan 10. Waktu penerimaan berkas permohonan dimulai pukul 10.00 s/d 15.00 WIB pada setiap penyelenggaraannya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Surabaya, Endang Tjaturahwati menuturkan, program Layanan Simpatik Perijinan Usaha SIUP dan TDP ‘Satu Hari Jadi’ merupakan sebuah upaya Pemkot dalam membantu memberikan jaminan kepastian hukum kepada masyarakat pelaku usaha.

Layanan ini juga sangat praktis dan memudahkan masyarakat karena proses pengurusan izin dapat diselesaikan dalam satu hari saja. Biasanya, pengurusan izin usaha di kantor Disperdagin memelukan waktu tiga hari.

“Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha di Surabaya sehingga legalitas usahanya dapat dipertanggung jawabkan secara sah karena memiliki izin,” ujar Endang.

Untuk persyaratan pengurusan SIUP, pemohon wajib membawa 1 lembar fotocopy KTP pemilik/direktur, 1 lembar fotocopy NPWP badan hukum/usaha, surat pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha perusahaan bermaterai Rp 6000 (untuk badan hukum/usaha harus menggunakan kop surat dan stempel resmi perusahaan), 1 berkas fotocopy Akte Pendirian dan perubahaannya yang disahkan PN setempat (untuk perusahaan berbentuk CV) dan ditambah SK MENKUM & HAM (untuk perusahaan berbentuk PT), 2 lembar pas foto berwarna terbaru pemilik perusahaan ukuran 3×4, serta SIUP asli/lama jika mengajukan permohonan perpanjangan/perubahan surat izin.

Sedangkan untuk persyaratan TDP, yakni 1 lembar fotocopy KTP/paspor pemilik/direktur dan pengurus lainnya (komisaris, komanditer), 1 lembar fotocopy NPWP (NPWP badan hukum/usaha), 1 lembar fotocopy izin teknis (SIUP atau izin teknis yang diterbitkan oleh lembaga/instansi terkait, 1 berkas fotocopy Akte Pendirian dan perubahannya yang disahkan PN setempat (untuk perusahaan berbentuk CV) dan ditambah SK MENKUM & HAM (untuk perusahaan berbentuk PT), serta TDP asli/lama jika mengajukan permohonan perpanjangan/perubahan surat izin.

Kabid Promosi dan Pendaftaran Perusahaan, Eko Agus Supiadi menjelaskan, khusus untuk Pelayanan Simpatik ini pemohon tidak boleh diwakilkan karena pemilik perusahaan akan tanda tangan pada saat itu juga.

“Pemohon juga dihimbau menyiapkan satu lembar materai Rp 6000 untuk masing-masing izin (SIUP dan TDP,red),” kata Eko.ali/LI-07