LENSAINDONESIA.COM: Penjualan mobil dalam negeri domestik meningkat tajam, tanda-tanda permintaan konsumen dalam perekonomian negara terbesar di Asia Tenggara, naik menjadi 13,2 persen pada Agustus lalu.

Gejala peningkatan ini meningkat tajam bila dibandingkan pada bulan yang sama tepat di tahun lalu. Peningkatan permintaan ini diyakini akan memiliki buntut terjadinya ledakan percepatan pertumbuhan.

Penjualan mobil melonjak 58 persen tahun lalu, hanya saja pertumbuhan tahun ini yang mulanya diyakini melambat, ternyata tidak demikian. Terjadinya gangguan pasokan mobil buatan Jepang yang sebagian besar tagihan impor kreditnya telah jatuh tempo. Namun sejumlah tanda-tanda peningkatan ekonomi tersebut diyakini sebagai rekor penjualan tahun ini.

Penjualan mobil dalam negeri mencapai 73.279 unit dari 64.762 unit di Agustus tahun lalu, dipimpin oleh Toyota, Mitsubishi, dan Daihatsu, menurut data pada hari Jumat dari Asosiasi Produsen Otomotif Indonesia.

Penjualan Agustus turun 18 persen dari bulan sebelumnya karena liburan Idul Fitri.

“Kami melihat tren yang meningkat pada kuartal pertama dan puncak tercapai pada kuartal kedua,” ujar analis Pandu Anugrah di Bahana Securities (20/9) Selasa di Jakarta.

Pandu melanjutkan, keprihatinan tentang ekonomi global tidak mungkin secara menonjol mempengaruhi penjualan mobil Indonesia karena ekonomi kini lebih didorong oleh konsumsi dalam negeri dan dibukanya keran kebijakan suku bunga rendah.

“Penjualan pada delapan bulan pertama rekor tinggi baru. Penjualan tahunan satu juta mobil adalah sekitar sudut,” imbuh Anugrah seraya menambahkan bahwa pertumbuhan penjualan mobil diyakini naik sekira 8 sampai 12 persen pada 2012.

Patut diketahui, penjualan selama periode Januari hingga Agustus mencapai 579.662 unit atau 68 persen dari target tahun ini asosiasi dari 850.000 unit.

Pertumbuhan penjualan yang melejit berasal dari Toyota, serta General Motors Co dan Nissan Motor Co.

Penjualan mobil di Indonesia masih dianggap sebagai pasar raksasa Asia. Selain Indonesia, Republik Rakyat China juga termasuk pasar terbesar konsumen di dunia dengan 13,8 juta kendaraan yang terjual pada tahun lalu.andre/LI-07