LENSAINDONESIA.COM:  Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu, didampingi Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Gusmardi Bustami dan perwakilan dari Kementerian terkait, Selasa (4/10) di Jakarta, melakukan pertemuan pertama Bilateral Trade Ministers’ Forum (BTMF) Indonesia-India.

Delegasi India dipimpin Menteri Perdagangan, Perindustrian dan Tekstil India Shri Anand Sharma.

Pertemuan pertama BTMF Indonesia-India, didahului dengan pertemuan tingkat Senior Officials Meeting (SOM) dan membicarakan permasalahan perdagangan seperti larangan impor daging sapi dari India, hambatan non tarif yang dialami produk farmasi India, hambatan non tarif untuk ekspor biji pinang dan produk makanan Indonesia ke India serta struktur tarif India yang kompleks.

Dalam pertemuan, kedua Menteri sepakat membentuk Working Group, dan Working Group on Trade and Investment dan Working Group on Trade Facilitation and Resolution. Pembentukan kedua Working Group tersebut dilakukan sebagai upaya kedua negara untuk lebih meningkatkan laju perdagangan bilateral dalam rangka mencapai target volume perdagangan sebesar US$ 25 miliar pada tahun 2015.

Kesepakatan yang dihasilkan pada pertemuan pertama BTMF, dituangkan dalam Joint Statement yang ditandatangani oleh kedua Menteri.day/LI-07