Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE LIFETREND

Kopi Luwak Lanang Siap Go Publik Rebut Pasar 

LENSAINDONESIA.COM: Beberapa stan pameran produk unggulan turut mengisi berlangsungnya acara HUT Jatim ke-66 dalam event Jatim Fair 2011. Salah satu produk unggulan itu berasal dari Kabupaten Malang dengan ‘Kopi Luwak Lanang’ yang dihasilkan dari petani dari kawasan Dampit, Malang.

Putri (23), pemilik produk menyampaikan, pada dasarnya minuman kopi diyakini orang sebagai minuman penawar kantuk. “Kopi Luwak Lanang memiliki rasa dan khas berbeda dari asal daerah kopi sendiri serta cara prosesnya,” papar Putri saat ditemui LIcom di area pameran Grand City Mall Surabaya, Jum’at, (07/10/2011).

Karena itu lanjut Putri, kadar dan komposisi kopi harus tepat ketika memprosesnya. Itu untuk menjaga kestabilan kualitas biji kopinya. Dan untuk itulah kopi Luwak Lanang hadir. “Kopi ini mempunyai enzim lebih kuat dihasilkan melalui penangkaran hewan luwak berjenis kelamin laki-laki serta mempunyai caffein turun sampai 40 persen,” terangnya.

Khasiat lain, menurut Putri, kopi Luwak Lanang dipercaya mengurangi penderita rasa maag dan darah tinggi setelah meminum dan menikmati rasa kopi luwak lanang tersebut.

Perlu diketahui kopi Luwak Lanang merupakan biji kopi yang sangat berbeda, baik secara mutu dan kualitas yang dihasilkan, karena dilihat dari masa prosesnya memerlukan cara tersendiri.

Menurut Putri, kopi Luwak Lanang diolah dengan proses terbaik. “Pertama-tama biji kopi dicuci sampai 10 kali dengan pembilasan langsung pada air mengalir, setelah itu dikeringkan di bawah terik matahari. Jika panasnya tepat, hanya memerlukan 3-4 hari penjemuran saja,” ungkapnya.

Pembuatan biji kopi, kata Putri, mengalami resiko masa pengeringan lebih lama sampai dengan 40 hari, dilanjutkan menuju proses pengelupasan kulit cangkang, dan barulah mendapatkan biji kopi berkualitas.

Hingga saat ini distribusi kopi Luwak Lanang telah menyebar ke berbagai pasar retail besar seperti Hero Group, dan diperkenalkan oleh PT Karya Semesta.

Kopi ini juga sudah memperoleh secara pengakuan dari Kemendag (Kementrian Perdagangan). Kopi Luwak lanang mampu membuktikan jika produksi dalam negeri juga bisa eksis sampai ke luar negeri.

Selain memproduksi kopi Luwak Lanang, PT Karya Semesta juga memproduksi varian produk unggulan lain mulai dari Luwak Lanang, dan Lanang Landep. Selain itu ada pula produksi Gambung atau teh seperti With tea, Green tea, dan Black tea yang telah melalui tahapan uji laboratorium dari Pusat penelitian terkait.

Untuk harga kopi Luwak Lanang, selama pameran berlangsung, harga spesialnya Rp 75.000 per pack (30 gr) dari harga normal Rp 90.000 per packnya. “Pembeli juga bisa mendapatkan tambahan gelas mungil berbentuk luak selama persediaan masih ada,” pungkas Putri.jey/LI-07