Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EKONOMI & BISNIS

Dapat Kepemilikan Saham Batubara, Glencore Modali Ical US$ 1,35 miliar 

LENSAINDONESIA.COM: Perusahaan komoditi terbesar, Glencore, resmi menandatangani penyerahan sepkat untuk memodali Grup Bakrie sebesar US$ 1,35 Miliar.

Pemberian pinjaman modal tersebut diberikan untuk cadangan modal Grup Bakrie yang kelak akan digunakan untuk pembayaran hutang perusahaan milik Ical yang terkategori berpotensi gagal bayar.

Nah, atas imbalan pinjaman yang telah dikantongi Grup Bakrie, Glencore diberikan hak pemasaran tambahan pada batubara yang diproduksi Bumi Plc (anak perusahaan Bakrie). Tak cukup itu saja, Glencore juga diberikan kepemilikan saham di tambang batubara Grup bakrie sebesar 47 persen.

Saat dikonfirmasi, juru bicara keluarga Bakrie Lalu Mara Satriawangsa mengatakan bahwa besaran pinjaman telah disepakati. “Ya, biasa dalam bisnis ada aset yang berupa hutang dan mesti dibayar,” ungkap Sekjen Partai Golkar itu di Jakarta, (Jum’at) (14/10).

Sampai kini, saham Bumi Plc telah terdaftar di London. Perusahaan tambang batubara patungan yang kini dimiliki keluarga Bakrie dan dinasti milyuner Inggris, Nat Rothschild, pada Kamis (13/10) lalu tengah menanjak naik 6 persen.

Tren kenaikan saham bumi Plc sempat mengalami penurunan sekira 33 persen pada Juni lalu. Penurunan saham itu, seperti diutarakan Lalu Mara tak lain disebabkan telah jatuh temponya tenggat pembayaran hutang sebesar US$ 1,35 miliar pada Maret 2012.

Dikenal sebagai eksportir batubara terbesar di Asia, Bumi resources, hingga kini genap mengalami kenaikan harga saham sebesar 5,8. Kenaikan harga saham tersebut dipicu oleh cairnya modal yang diberikan Glencore.

Meski memliki nilai kapitalisasi sekira US$ 2 miliar, konsekuensi dari perjanjian itu, kelak Glencore akan memiliki opsi sebagai pemilik saham mayoritas bila keluarga Bakrie gagal membayar hutang yang telah diberikan Glencore.andre/LI-07 

Baca Juga:  Gamal Albinsaid tawarkan solusi kurangi pengangguran di Surabaya