Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DKI

Bangkitkan Minat Baca Kaum Muda, DKI Jakarta Gelar Pemilihan Abang None Buku 

LENSAINDONESIA.COM: Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Ikatan Abang dan None Buku (IKANOBU) Provinsi DKI Jakarta kembali mengadakan acara grand final pemilihan Abang dan None Buku tahun 2011. Acara itu akan berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2011 di Gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada pukul 18.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Bagi yang berhasil menjadi pemenang pertama akan mendapatkan anugerah sebagai Abang Buku dan None Buku, yang nantinya bertugas untuk menyebarkan dan mengkampanyekan minat dan kegemaran membaca di kalangan masyarakat DKI Jakarta, khususnya kaum muda.

Pemasangan selempang juara Abang dan None Buku terpilih akan dilakukan oleh Sekretaris Daerah, Fajar Panjaitan, yang mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Hadir juga Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta, dan Pengurus IKANOBU Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, acara itu juga akan dimeriahkan bintang tamu Rini Indonesia Idol, Gradasi, X-Code, Cinere Musik dan Tari UKM UNJ.

Pemilihan Abang dan None Buku (ABNONKU) Jakarta adalah kompetisi yang bertujuan untuk membentuk agen-agen perpustakaan dalam program pengembangan komunitas baca yang bersinergi dengan BPAD Provinsi DKI Jakarta.

Pemilihan ABNONKU Jakarta pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006 sejalan dengan SK Gubernur No: 399/2006 tentang Hari Anak Jakarta Membaca. Pesertanya adalah kaum muda yang berusia 16 – 20 tahun dan masih duduk di bangku SMA sederajat atau mahasiswa.

Sebelum acara grand final dilaksanakan, ke 18 pasang finalis yang telah lolos seleksi tahap wilayah kota/ kabupaten wajib mengikuti pembekalan atau yang disebut dengan karantina. Dan karantina akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 21 Oktober 2011 di Wisma Industri, Tugu Cisarua Bogor. KAS/LI-10