Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EKONOMI & BISNIS

Hindari Pemalsuan Uang, BI Launching Uang Desain Baru 

LENSAINDONESIA.COM: Maraknya kasus pemalsuan uang ternyata menjadi catatan tersendiri bagi Bank Indonesia (BI) untuk mengambil langkah agar masyarakat tidak dirugikan. Caranya, adalah dengan mengoptimalkan fungsi elemen desain uang kertas agar lebih mudah dikenali.

Untuk itu, Selasa (1/30) Bank Indonesia secara resmi melounching dan mengedarkan uang kertas Rupiah desain baru yakni pecahan  Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000.

“Uang desain baru ini lebih mudah dikenali keasliannya. Sehingga masyarakat tidak lagi tertipu dengan uang palsu,” kata Hamid Pontjo Wibowo, Deputi Pemimpin BI Surabaya Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern, di Ruang Eksekutife Lounge Komplek BI Surabaya, Selasa (01/11) Siang tadi.

Ia menambahkan dengan penambahan unsur pengamanan yang dapat dikenali tanpa menggunakan alat bantu, maka dapat diupayakan meningkatkan perlindungan pemalsuan uang.”Sekarang teknologi cetak sangat maju, maka proteksi uang yang dikeluarkan BI harus kuat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa penyempurnaan desain ini secara visual bersifat minor dan bukan merupakan uang emisi baru. Perubahan ini untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau Up Grading pada ketiga pecahan uang kertas ini.rid/LI-07

Baca Juga:  Jaring Bacawali, PKS Surabaya gelar Pemilu Internal Tahap 2