LENSAINDONESIA.COM:Hubungan antara dunia usaha dan pemerintah sangat erat. Bahkan, salah satu pengusaha sukses Jawa Timur, Dr Alim Markus mengatakan dengan tegas, hidup dan mati pengusaha tergantung pemerintahnya.

“Pemerintah sangat berperan dalam dunia usaha. Mulai rencana didirikan perusahaan hingga penjualan produk. Semua tergantung kebijakan pemerintah,” kata Predisen Direktur PT Maspion Group ini pada “Malam Kebersamaan dan Keakraban Ikatan Doktor Ekonomi Indonesia” (IDEI) di Max Hotel Surabaya, Rabu (9/11/2011) malam.

Menurut Alim, dengan Sinergitas yang baik, maka pembangunan sektor ekonomi daerah akan cepat berkembang. Sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pengusaha Jatim harus membantu pemerintah membangun daerah, permasalahan UMK yang belakangan menjadi pemicu terjadinya unjuk rasa, semua bisa dibicarakan,” kata konglomerat, yang lahir dan bersa di perkampungan Surabaya Timur.

Untuk para pengusaha yang baru merintis, Alim sedikit memberikan tips sukses. Yakni. agar kinerja perusahaan berjalan sehat, maka sistem harus dijalankan secara profesional dan disiplin, dengan menerapkan manajemen yang manusiawi. “Sistem atau aturan perusahaan itu mutlak dipatuhi, tidak ada tawar menawar, jika ada yang tidak setuju boleh keluar. Cara ini akan menjaga kinerja dan wibawa perusahaan,” tuturnya.  LI-09