LENSAINDONESIA.COM: Kandungan emisi gas buang kendaraan bermotor ternyata sangat berdampak pada tingkat pencemaran udara.Hal itu mendorong Astra World International sebagai holding produksi pembuatan otomotif yang berskala besar turut serta mendukung acara peringatan Hari pahlawan yang bertajuk “Stop Global Warming”. Acara itu berlangsung di Taman bungkul Surabaya, Minggu (13/11/2011), pukul 10.00 WIB.

Head Regional Jatim Astra World, Victoria, menyatakan, peran Astra untuk mewujudkan lingkungan sekitar, agar bebas terhadap bahaya pencemaran udara yang dihasilkan gas emisi buang kendaraan bermotor, merupakan salah satu konsistensi Astra dalam hal kendaraan bermotor yang memperdulikan gas emisi buang dengan bahan bakar yang aman dan ramah lingkungan.

“Terkait dukungan tersebut, Astra World, mensupport acara dengan menyiapkan 3 mesin pengecek, yang masing-masing alat dioperasikan 2 orang mekanik, serta dibantu 4 asisten, secara total jumlahnya ada 10 mekanik, untuk mempermudah kelancaran pelaksanaan teknisnya. Dikarenakan durasi acara hanya 2 jam saja,” ujarnya saat ditemui LENSAINDONESIA.COM, Minggu (13/11/2011).

Sementara, Kepala Bengkel Company Astra Hery suryo, memaparkan, bahwa untuk gas emisi buang masing kendaraan bermotor berbahan bakar bensin mempunyai standart yang sudah ditentukan sesuai tahun pembuatan nilai ambang batas kendaraan bermotor. Diantaranya, kandungan monoksida (CO) sebelum tahun 1996 memiliki CO maksimal 3,5% dan Hidrokarbon (HC) maskimal 800 ppm (part per million).

Sedangkan, untuk tahun pembuatan diatas tahun 2007 maksimal CO 1,5% dan HC maksimal 200ppm (part per million), hingga berita ini dimuat pelakuan uji emisi gas buang kendaraan bermotor berhasil menguji 126 kendaraan bermotor, yakni 84 kendaraan bermotor roda 4 dan 24 kendaraan bermotor roda 2.

Menurut Head Regional Jatim Astra World, Victoria menambahkan, melalui uji emisi gas buang seperti ini, Astra word ingin mewujudkan berkurangnya gas beracun yang ada pada kendaraan bermotor roda 4 bisa lebih maksimal dan terciptanya lingkungan hijau yang aman dan nyaman bagi masyarakat perkotaan kota Surabaya.

Tak hanya itu, secara simbolis, Victoria juga menyerahkan sebuah tanaman pohon kepada salah satu pemilik mobil yang bersedia diujikan kendaraannya saat melintas diarea lokasi pengujian uji emisi gas tersebut.

“Bentuk kepedulian Astra World pada uji emisi gas buang kendaraan bermotor ini, akan terus kami dukung sepenuhnya. Karena, rangkaian acara yang digalang pemerintah kota Surabaya ini dalam peringati semarak Hari Pahlawan di bulan November,” pungkasnya. JEY/LI-10