LENSAINDONESIA.COM: Sebagai wujud kepedulian masalah pelestarian lingkungan bumi akibat menipisnya lapisan ozon, PT Pertamina (Persero) mengeluarkan produksi MUSIcool Refrigerant hemat energi dan ramah lingkungan.

MUSIcool sendiri adalah refrigerant dengan bahan dasar hidrokarbon yang dihasilkan dari kilang migas yang diformulasikan sebagai pengganti refrigerant sintetik kelompok halokarbon. Kelompok tersebut masih memiliki potensi merusak penipisan lapisan ozon dan pemansan global, diantaranya, Choloro Fluoro Carbon (CFC): r-12, Hydro Choloro Fluoro Carbon (HCFC):R-22 dan Hydro Fluoro Carbon (HFC): R-134a.

“Dalam hal pemasaran, MUSIcool telah memenuhi persyaratan teknis sebagai refrigerant, meliputi sifat fisika, thermodinamika, serta uji kinerja pada siklus refrgerant,” ujar  Eviyanti Rofraida, External Relation PT Pertamina Region V, Jatim, Senin (14/11).

Sedangkan data penjualan, sambung Eviyanti Rofraida, pihaknya masih mengolah dan untuk pengujian pada beban pendinginan yang sama, MUSIcool memiliki keunggulan dibandingkan  refrigerant sintetik pengganti freon untuk pendingin. Itu lantaran MUSIcool masih mempunyai segment terbatas.

Eviyanti menambahkan, beberapa parameter memberikan indikasi data lebih kecil, seperti, kerapatan bahan (density), rasio tekanan kondensi terhadap evaporasidan nilai viscositas, sedangkan parameter lain mempunyai indikasi data lebih besar, yakni efek refrigerasi, COP (Coeficient of Performance), kalor laten dan konduktivitas.

“Saat ini, PT Pertamina telah memproduksi MUSIcool sebesar 120-180 ton/bulan, akan tetapi untuk permintaan pelanggan, bisa ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan pasar,” tegasnya.

Berikut data MUSIcool yang diproduksi PT Pertamina:

MC-12 : Kompatibel dengan mesin pendingin yang menggunakan refrigerant R-12 seperti AC mobil, Kulkas, Freezer, water dispenser, dan sejenisnya.

MC-22 : Kompatibel dengan mesin pendingin yang menggunakan refrigerant R- 22 seperti AC Window, AC split, dan sejenisnya.

MC-134 : Kompatibel dengan mesin pendingin yang menggunakan refrigerant R-134a sama sepert MC-12.

MC-600 : Sebagai pengganti refrigerant R-600a, dengan karakteristik teknis memiliki ttekanan rendah.

Dengan demikian, menurut Eviyanti, penggunaan  MUSIcool lebih menitikberatkan pada fungsi dan kebutuhan pelanggan. Diantaranya, hemat energi, ramah lingkungan dan nyaman, lebih irit 30%, pengganti untuk semua refrigerant jenis fluorocarbon dan hidrokarbon non Pertamina tanpa mengganti komponen maupun pelumas yang digunakan selama ini.

Tak hanya itu,  MUSIcool memenuhi persyaratan Iinternasional, artinya, keberadaan MUSIcool memenuhi baku mutu refrigerant secara keseluruhan.jey/LI-07