Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Sumber Dana Kelompok Teroris Abu Omar dari Jual Senpi 

LENSAINDONESIA.COM: Kelompok teroris Abu Omar memperoleh dana dari berbagai macam cara. Selain hasil patungan para anggota, dana juga diperoleh dari keuntungan penjualan senjata api ke kelompok teroris lain.

“Mereka ini jaringan. Menjual senjata dan dapat imbalan. Senjata dijual ke kelompok lain,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution, saat memberikan keterangan pers di Mabes Polri, Selasa (15/11/2011).

Sayangnya, Saud enggan menjelaskan nama kelompok-kelompok yang membeli senjata api tersebut. Ia beralasan hal itu masih dikembangkan polisi. “Kelompok ini banyak keterkaitan danga kepemilikan senjata api untuk kegiatannya,” katanya.

Polisi meyakini kelompok Abu Omar memasukkan senjata dari Filipina melalui jalur Mindanau-Tawau-Nunukan (Kalimantan Timur)-Tanjung Perak (Surabaya).

Terkait kelompok ini, Tim Densus 88 telah melakukan penangkapan dengan jumlah 18 orang. 11 diantaranya ditangkap Juli 2011 lalu, termasuk pimpinannya Abu Omar dan 7 orang lainnya ditangkap pada Sabtu, minggu pekan lalu, di Tangerang, Jaktim dan Bekasi.

Kebanyakan mereka ditangkap karena kepemilikan senjata api yang diduga diselundupkan dari Filipina. RAM/LI-10

Baca Juga:  Whisnu Sakti Buana resmi daftar Cawali Surabaya lewat PDIP