Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EKONOMI & BISNIS

Masyarakat Indonesia Tidak Memiliki Asuransi yang Memadai 

LENSAINDONESIA.COM: PT AIA Financial, Rabu (23/11/2011) menegaskan pentingnya memiliki proteksi yang optimal, komprehensif dan holistik dalam setiap kehidupan. Studi AIA bertajuk “Understanding Protection Gap of Life Insurance in Indonesia” (Memahami Kesenjangan Proteksi Asuransi Jiwa di Indonesia — red.) menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia tidak memiliki asuransi yang memadai.

Selisih antara kebutuhan proteksi dan dana yang dimiliki untuk menutup proteksi tersebut adalah Rp 105,7 juta per keluarga. Survei ini dilakukan pada periode Juli 2010 sampai September 2011 dengan 1208 responden di 10 kota.

Peter J Crewe, Presiden Director AIA Financial mengatakan, bahwa survei ini bertujuan untuk memberikan ilustrasi kebutuhan proteksi pada masyarakat dalam mengantisipasi resiko kehidupan di masa mendatang, seperti rawat inap di rumah sakit, kecelakaan yang mengakibatkan cacat tubuh, serta perawatan atas penyakit kritis dan kematian.

Dalam survei ini, 60 persen responden sama sekali tidak memiliki asuransi ataupun dana cadangan untuk proteksi sendiri maupun keluarganya dalam mengantisipasi resiko kesehatan yang berpotensi memberikan dampak pada keuangan dan kondisi keluarga.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan perlindungan optimal dan merespon proteksi kepada masyarakat. Kami berupaya menjembatani kesenjangan proteksi melalui produk dan layanan terbaik yang kami miliki,” ujar Peter J. Crewe pada press conference hasil studi AIA di Hotell Grand Hyatt, Jakarta.

Dijelaskan Crewe, mayoritas masyarakat Indonesia memiliki selisih antara kepemilikan dana dan rata-rata total dana yang dibutuhkan sebesar 77 persen. Artiya, rata-rata hanya memiliki persiapan sebesar 23 persen. Tentunya, jumlah ini tidak besar dan cukup dalam memenuhi kebutuhan proteksi yang optimal tersebut.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin peduli terhadap kebutuhan proteksinya dan melakukan perencanaan yang matang untuk dapat melindungi diri dan keluarga di setiap tahap kehidupannya,” kata Crewe.

AIA Financial sendiri merupakan anak perusahaan dari AIA Group salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai produk asuransi mulai asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan diri, serta yang dikaitkan dengan investasi seperti program kesejahteraan karyawan, pesangon, dana pensiun, dan asuransi dengan prinsip syariah. Rud/LI-10