LENSAINDONESIA.COM: Pemimpin handal adalah seorang yang mampu mamajukan perusahaan dan mensejehterahkan anak buahnya. Hal itu mungikin yang menjadi pendorong PT Pelabuhan Indonesia III (persero) Cabang Tanjung Perak untuk terus menyelenggrakan Pelatihan Coaching Mentoring Counseling (CMC).

Pelatihan untuk mendidik calon leader handal bertema “Peran Pimpinan Dalam meningkatkan Kinerja” tersebut diikuti 35 orang peserta yang terdiri dari para Asisten Manager dan Supervisor.

“CMC 2011 diselenggrakan di kantor Pelabuhan Tanjung Perak selama dua hari mulai tanggal 21 sampai 22 November kemarin,” kata GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak I Putu Ariawan,”Rabu (23/11).

Secara tergas Putu Ariawan menyatakan, tidak lain tujuan dilakukan pelatihan atas kerja sama  dengan PT SMARTALENT,itu adalah untuk menciptakan pemimpin yang handal dan dapat lebih mengayomi anak buahnya.

Ia mengemukakan agar materi yang yang disampaikan instruktur secara efektif bisa diterima seluruh perserta, panitia memutuskan pelatihan dilakukan dengan model classroom selama delapan jam pelajaran dan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu survey, pengajaran, diskusi kelompok, studi kasus, multi media dengan menggunakan film/video sesuai dengan topik, praktek lapangan, sampai dengan evaluasi dan pelaporan.

“Instrukturnya adalah Bambang Prijono Noesantara. Selain penjelasan materi, kita juga dilakukan simulasi, agar peserta pelatihan dapat mempratekkan apa yang menjadi tujuan CMC. Simulasi dilakukan secara berkelompok, ini dalam rangka efektifitas transfer pemahaman,”kata GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak itu secara mantab.

Putu AAriawan berharap, pelatihan dapat membentuk SDM yang handal sehingga Pelindo III Tanjung Perak siap berkompetisi dengan BUP lainnya dan mampu memenangkan persaingan bisnis, dengan terus berupaya meningkatkan  kelancaran arus logistik di Propinsi Jawa Timur dan kelancaran arus perniagaan sebagaimana peran Pelabuhan.rid/LI-07