LENSAINDONESIA.COM: Menyambut hari AIDS sedunia, UKM Korps Sukarela UK Petra gelar talkshow orang-orang dengan HIV/AIDS (ODHA), We are (not) different, Jumat, (25/11/2011) di Auditorium UK Petra. Selain menyambut hari AIDS, acara ini juga bertujuan untuk merubah pandangan sempit mengenai orang yang terjangkit HIV/AIDS. Banyak orang mengucilkan para penderita HIV/AIDS, padahal tak jarang banyak penderita ini mempunyai prestasi dan bahkan penampilannya pun tampak tak berbeda dengan orang normal pada umumnya.

“Minimnya pengetahuan tentang penyakit HIV/AIDS ini menyebabkan banyak orang menjauhi penderita,” kata  Michael selaku sie acara. Padahal,lanjut dia, penyebarannya tidak secara langsung. “Maka dari itu di akhir acara nanti tanda kurung dari tema utama akan dilepas dan akhirnya memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa We are not different,” jelasnya.

Dalam seminar ini juga menghadirkan dr. Dominicus Husada, dr. Ivan Provian selaku Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) di Jombang, presenter kondang Tantowi Yahya, dan dua penderita AIDS.

“Acara seperti ini sangat bagus, supaya mereka (ODHA) tidak merasa kesepian. Mari temani mereka, karena mereka tetap manusia sama seperti kita, apapun yang pernah mereka perbuat, kita sama dengan mereka begitu pula sebaliknya,” papar Tantowi.

Namun, dengan alasan privasi, media dilarang mendokumentasikan acara dengan kedua orang penderita tersebut. ” Maaf ya mas, ini sudah kebijakan kami. Yang penting, inti acara sudah tersampaikan sehingga masyarakat bisa sedikit peduli dengan ODHA dan jangan diskriminatifkan mereka,” ujar Michael.

Selain seminar, rangkaian kegiatan bulan peduli AIDS ini juga di meriahkan dengan kampanye tanda tangan, penggalangan dana dan pameran foto.

Untuk informasi, menurut data dari Kementrian Kesehatan, di Jawa Timur sampai dengan Oktober 2011 ini, tercatat sekitar 4.233 orang terjangkit HIV/AIDS. Pertumbuhan tiap tahunnya berkisar 350 penderita baru.  Dengan kondisi seperti ini maka tidak menutup kemungkinan ada orang dengan HIV/AIDS disekitar kita.ian/LI-07