Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Amerika

Wartawan New York Times yang 'Ditakuti' Presiden-presiden AS Meninggal Dunia 

LENSAINDOENSIA.COM: Mantan wartawan New York Times Tom Wicker meninggal dunia di usia 85 tahun. Dia meninggal pada Jumat malam (25/11) akibat serangan jantung  di rumahnya di Rochester, Vt.

Wicker adalah wartawan yang meliput pembunuhan Presiden John F.Kennedy. Dia juga   salah satu wartawan pasca perang Amerika yang paling dibedakan dan seorang kolumnis politiki conoclastic.

Wicker juga pernah mencela Presiden Richard M. Nixon yang diam-diam pemboman Kamboja. Dalam skandal Watergate, Wicker juga berani menuduh Nixon menciptakan “awal dari sebuah negara polisi.

Saat itu Nixon menempatkan  Wicker sebagai ‘daftar musuh’. Akibat dari tuduhan Wicker, Nixon pun mengundurkan diri dalam kehinaan selama Watergate menutup-nutupi.

Wakil Presiden Spiro T. Agnew mencela Wicker tidak bertanggung jawab dan sembrono. Tetapi Spiro juga mengundurkan diri setelah mengaku bersalah menghindari pajak, tentunya setelah rahasianya dibongkar Wicker .

Selama menjadi wartawan, tulisan Wicker seperti hujan deras pada semua presiden, seperti Gerald R. Ford, yang saat itu berniat melanjutkan perang di Vietnam. Lau Jimmy Carter, yang punya keraguan-raguan dalam menghadapi inflasimelonjak dan krisis sandera Iran. Lalu ada  Ronald Reagan, yang dibongkar aibnya karena skandal Iran-Contra. Demikian juga George HW Bush, untuk membiarkan perang Teluk Persia melebihi kebutuhan perawatan pendidikan dan kesehatan di rumah.

Target Wicker tak hanya Presiden AS tetapi juga anggota Kongres, kerahasiaan pemerintah, bisnis besar, pemimpin buruh yang korup, fanatik ras, kondisi penjara, televisi dan media berita.usd/LI-07

 

Baca Juga:  BJ Habibie meninggal dunia