LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka mencerdaskan rakyat Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah membangun infrastruktur dan jaringan internet ke seluruh kecamatan di Indonesia. Rencananya akan rampung di akhir tahun 2011 dan akan dapat digunakan mulai tahun 2012.

Hal ini disampaikan dirjen aplikasi informatika Kemenkominfo Ashwin Sasongko kepada Lensaindonesia.com, Selasa (6/12/2011) di Jakarta.

“Kemenkominfo kini sudah membangun  infrastruktur di seluruh Indonesia, pada akhir tahun 2011 dan awal 2012 ini seluruh desa telah memiliki telephone dan kecamatan akan memiliki jaringan internet. karena infrastruktur sudah dibangun semua aplikasi dan konten sudah dapat dilaksanakan di atas infrastruktur tersebut,” paparnya.

“Sekarang ini teknologi penyiaran, teknologi radio ,internet dan media online sudah dapat diakses di internet. Ini merupakan konten informasi berbasis digital dan konten yang ada sudah bisa tersebar di seluruh Indonesia. Kita juga sedang mempersiapkan dasar-dasar legal yang memungkinkan keterbukaan, undang-undang pers yang mengatur dewan pers, mengatur konten-konten pers, mengatur konten-konten penyiaran, undang-undang penyiaran, yang mengatur komisi penyiaran Indonesia. Saat ini sedang disiapkan Kemenkominfo bersama pemerintah dan DPR untuk memastikan secara legal agar hal ini dapat dilaksanakan,” katanya.

Untuk daerah-daerah yang menginginkan pengetahuan tentang internet, ada liason officer atau opereter yang akan mengadakan pelatihan atau penyuluhan pengetahuan internet bagaimana menggunakan fasilitas yang ada kepada masyarakat.

“Ini merupakan program Kemenkominfo yang menurut istilah menteri Tifatul adalah Indonesia terconected, seluruh orang terhubung dengan fasilitas komunikasi, nama programnya adalah Desa Berdering dan Klik Nusantara inter Kecamatan,” jelas Ashwin.val/LI-07