Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Intensitas Turun, Gunung Gamalama Tetap Semburkan Abu Vulkanik 

LENSAINDONESIA.COM: Meskipun intensitasnya mulai menurun drastis, Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, hingga kini tetap menyeburkan abu vulkanik.

Namun, semburan abu vulkanik itu, menurut Darno Lamane, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Rabu (7/12/2011), mulai menurun dibanding hari sebelumnya.

Menurutnya, status aktivitas gunung itu tetap siaga, dengan masih terjadinya gempa tremor.

“Saat ini, kami belum bisa memastikan status Gunung Gamalama, karena kami hanya berdasarkan data, apakah akan terjadi peningkatan status gunung tersebut apa tidak,” ujarnya.

Darno mengatakan, pada Selasa (6/12) malam, sudah tiga kali semburan abu vulkanik dari puncak Gunung Gamalama hingga ketinggian antara 500-700 meter.

Gunung berapi dengan ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan air laut itu meletus pada Minggu (4/12) malam, sedangkan pada Senin (5/12) menyemburkan abu vulkanik lima kali.

Sementara, semburan abu vulkanik pada Rabu menuju arah selatan Ternate hingga Kota Tidore Kepulauan. “Kami belum bisa pastikan perkembangan selanjutnya dari aktivitas Gunung Gamalama. Untuk itu, kami imbau kepada masyarakat Ternate tetap waspada, tapi jangan panik,” tambahnya. DAE/LI-10

Letusan Gunung Gamalama mengakibatkan 1.206 warga di sejumlah daerah rawan bencana alam itu mengungsi ke sejumlah tempat penampungan yang disiapkan Pemkot Ternate seperti bekas Kantor Gubernur Maluku Utara dan mess Persiter. (Aef/At)

Baca Juga:  Hanif Dhakiri jadi Plt Menpora