Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Senin Depan, Tanah Lot Ditutup Paksa 

LENSAINDONESIA.COM: Lantaran jatah retribusi dianggap kecil, yakni 6,5 persen, warga 22 desa Pakraman se Kacamatan Kediri dipastikan akan menutup obyek wisata Tanah Lot dengan cara menggelar aksi unjuk rasa.

Hal itu disampaikan Bendesa Adat, Nyitdah I Wayan Gindera. Menurutnya, aksi unjuk rasa besar-besaran itu akan dilakukan Senin (12/12/2011) mendatang. Bahkan dipastikan akan diikuti sekitar 10.000 warga dari 22 desa adat di Kecamatan Kediri.

Bahkan, menurut Gindera, pihaknya sudah melaporkan aksi itu ke Polres Tabanan. “‘Tadi siang (kemarin – red) kami sudah melapor ke Polres. Secara lisan sudah disetujui,” tegasnya.

Aksi itu akan dilakukan di sejumlah titik pintu masuk obyek wisata Tanah Lot, yakni perempatan Patung Wisnu Murti, hingga jalan raya perbatasan Desa Pakraman Beraban dan Desa Pakraman Buwit. Bahkan, warga juga akan memblokir titik lain dari arah timur menuju Tanah Lot. “Ini sudah menjadi keputusan seluruh bendesa adat di wilayah Kediri,” jelasnya.

Dalam tuntutanya, lanjut Gindera, warga desa meminta retribusi sebesar 10 persen, dari 6,4 persen yang selama ini diperoleh. Nilai itu relatif kecil karena Desa Adat Beraban malah mendapatkan 24 persen. DAE/LI-10

Baca Juga:  KPK  diminta bongkar kartel di Kementan