Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Seorang ibu mengadu kepada saya. Dia berusaha menurunkan berat badannya dengan cara diet, tetapi tidak juga berhasil. Sudah berbagai metode diet dilakukan, tetapi sama saja, gagal dan gagal. Dan dia tidak ingin diet lagi. Alias menyerah.

Saya menanggapinya dengan santai, mungkin saja karena salah strategi. Karena diet yang sukses juga ada strateginya, agar bisa mencapai hasil yang memuaskan. Semua itu mudah saja, diet itu, hanya masalah serius tidak serius, dan juga masalah disiplin dan tidak disiplin.

Saat hamil puteri saya yang kedua, bobot saya naik sekitar 25 kg. Begitu si bayi lahir, BB hanya turun sekitar 6 kg. Artinya, saya punya PR besar, yaitu menurunkan berat badan sebanyak 19 kg. Ngebayangin aja serem ya.

Kebetulan, saya suka berolah raga, tetapi, karena punya bayi, saya tidak sempat berolah raga. Akhirnya saya menerapkam jalan kaki 1000 langkah setiap hari. Saya jalan kaki ke mana saja, dengan menggendong bayi saya. Ke tukang sayur, ke sekolah si sulung, ke warung bakso kegemaran, dan kemanapun pergi saya jalan kaki.

Di samping itu, saya juga menerapkan pola makan seperti yang pernah saya tulis dalam artikel saya sebelumnya yang berrjudul Diet Tidak Sengaja. Saya menerapkan pola makan baru dengan mengubah pola makan sebelumnya, yaitu pola makan yang di dominasi oleh sayuran dan buah. Dan hasilnya sungguh memuaskan, saat anak saya berusia setahun, saya bobot saya sudah kembali normal.

Lalu kenapa Diet anda selalu gagal.

POLA MAKAN

1. Anda sudah menerapkan pola makan seimbang, dengan lebih didominasi pada sayuran dan buah-buahan, tetapi kok tidak turun ya. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi.

2. Anda selalu memasukkan susu dan gula di jus buah anda, dengan alasan biar manis. Gula memiliki kalori yang tinggi, kalau tidak diubah menjadi energi oleh tubuh kita, maka gula akan di simpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh kita. Maka ganti, gula di jus anda dengan syrup diet yang banyak di jual di supermarket.

3. Anda mengurangi makan nasi, tetapi anda tidak bisa berhenti mengemil, cemilam memang selalu menggugah selera, karena gurih dan lezat. Makanan ini sebenarnya memiliki kandungan lemak dan karbohidrat tersembunyi, yang bila dikonsumsi secara berlebihan, juga membuat anda lekas gemuk.

4. Anda sama sekali meninggalkan nasi, dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lain, ini lebih berbahaya, karena begitu bertemu nasi anda tak akan bisa mengontrol diri. Tetap makan nasi pada saat sarapan dan makan siang, dengan porsi sedang, dan mengganti menu nasi untuk makan malam, yang jamnya diajukan menjadi pukul 17.00. (Lihat artikel, Diet Tak Sengaja)

5. Kenapa makan malam, diganti selain nasi, alasan saya, kalau makan nasi, orang Indonesia kuat banyak, sementara untuk makan roti, mie, jagung atau kentang, tidak akan sanggup makan banyak.

6. Mengatur meja makan agar tidak menumpuk makanan di sana. Ibu-ibu kita dahulu, selalu mengharuskan meja makan selalu ada makanan. Itu bagus, karena kita nggak akan pernah kelaparan, tetapi kalau kemudian menumpuk, biasanya si ibu tidak akan rela membuangnya, dan akan menghabiskanya. Dalam hati akan berkata, ah hari ini aja, sayang, nanti mubazir.

7. Kalau anda pandai mengatur meja makan, tidak akan ada makanan menumpuk, tanpa terkesan pelit. Sirkulasi makanan selalu mengalir, dan tidak ada yang dibuang, termasuk tidak mengharuskan si ibu menghabiskan makanan kemarin. Soalnya kalau memberi ke tetangga makanan yang udah lama kan juga enggak enak. Saya nggak masalah di rumah nggak ada makanan, yang penting di kulkas, selalu tersedia tepung untuk dibuat makanan, ada telur mentah, sayuran dan buah-buahan segar siap diolah jadi makanan. Tidak ada biskuit kalengan, tidak ada roti cantik di stoples, ataupun kacang goreng, kecuali semangkuk yang baru saja di goreng. Emang sih agak kelabakan kalau tiba-tiba harus ada tamu…… soal ini, tolong jangan bilang ibu saya yaa….

8. Kebiasaan menyetok makanan kaleng untuk jaga-jaga, ini akan memperparah kebiasaan ngemil. Wah, hari ini ada sepak bola, beli minuman kaleng ah, terus jangan lupa cemilan, sekeranjang belanjaan di supermarket, isinya makanan seperti itu. Seberapa banyak sih kebutuhan mulut kita untuk mengunyah makanan. Kan sudah makan nasi, kenapa mesti ngemil ya ? Apakah tuntutan trend, apakah tersugesti, kalau nonton bola di televisi nggak afdol kalau nggak minum minuman kaleng bersoda tertentu yang katanya menyalakan semangat hidup kita. Seperti di tayangkan di televisi yang diperankan oleh para model yang wajahnya sumringah. Kalau memang begitu, berhentilah nonton televisi.

9. Berhentilah pantang pada makanan tertentu. Misalnya anda penggemar coklat. Maka jangan pernah pantang dan menyatakan diri tidak akan makan coklat lagi s e l a m a n y a…. Karena dendam ini akan merusak. Suatu saat kalau putus asa dengan diet anda, anda akan mencari dan makan coklat banyak-banyak. Dengan alasan, kenapa gw menyiksa diri gini, orang coklat makanan kesukaan gw, kenapa mesti gw pantang, persetan dengan diet gw lah…. Anda sudah mundur tiga langkah.

10. Tetaplah makan makanan kesukaan anda. Misalnya sangat pengin makam coklat, belilah coklat favorit kesukaan anda. Biasanya anda menyantap sebatang, dalam waktu singkat. Sekarang, belilah dua batang, lalu pergilah ke taman. Di sana kan banyak anak-anak kecil. Potong-potong bagikan buat mereka, sisakan seperempat saja untuk anda. Nikmati coklat itu dengan penuh perasaan, sambil memandangi anak-anak yang belepotan mulutnya memandangi dan begitu berterima kasih atas coklat itu. Pasti coklat yang sedikit itu sangat mengurangi rasa ingin anda, tanpa merasa berdosa, dan juga merasakan indahnya berbagi. Untuk makanan berkalori tinggi ini, saya rekomendasikan seminggu boleh dua kali. Kalau tidak berbagi dengan anak-anak di taman, anda bisa berbagi dengan pacar, para sahabat, teman kerja, anak-anak dan keponakan. Hindari makan sendirian di kamar.

11. Untuk para ibu, hentikan kebiasaan menghabiskan makanan anak, seperti sisa bubur sarapannya, sisa susunya, sisa jus dan sebagainya. Biarpun hanya satu dua sendok, jangan dibiasakan. Seorang ibu harus pandai mengukur kebutuhan dan kebiasaan makan anak, sehingga tidak mengambil makanan untuk anak terlalu banyak, dan akhirnya harus menghabiskan.

12. Hitung semua kalori yang masuk. Saya tak akan mencontohkan sesuatu yang rumit, saya ingin memberikan gambaran secara global saja. Seterusnya anda yang menghitung secara jujur makanan yang masuk ke perut anda setiap hari. Saya menamakannya INTROSPEKSI GIZI. Caranya gini, saat santai sore hari, hitung makanan yang masuk hari itu. Buat corat-coret sederhana. Pagi, pukul 07.00, sarapan roti tawar sama madu, dan secangkir teh hijau. (Kasih tanda satu bintang). Habis itu, menghabiskan makanan anak, dan susunya seperempat gelas. (kasih tanda x), Jam sepuluh pagi, tergoda tukang getuk, dan membeli empat potong, habis. (kasih tanda x, beri keterangan, harusnya cukup sepotong). Pukul 12. 05, makan siang : Nasi beras merah, sayuran lalap, sambel, krupuk dan ikan mas goreng. Nggak nambah sih ( kasih tanda bintang). Habis itu kok pengen bikin teh manis, ya udah aku bikin aja…. ( kasih tanda x lagi), keterangan, mestinya teh tawar saja, menghemat 140 kalori dari gula. Sore jam 3, tergoda oleh tukang somay, akhirnya beli sepiring, sepuluh potong, 5 ribu (kasih tanda x, harusnya 3 ribu aja, karena sifatnya cemilan). Pukul lima sore pulang kerja beli gorengan makan tiga potong ( kasih tanda x, harusnya nggak beli gorengan, tetapi mengapa begitu menggoda ya, padahal sudah mengharuskan diri sendiri beli gorengan seminggu dua kali, kemarin beli gorengan kenapa hari ini mesti beli lagi ya ?). Malam pukul 19.00, kok laper banget ya, wah kebetulan nih, habis nyuapin anak, masih ada sisa sedikit, ya udah aku tambahin dikit, terus aku makan (kasih tanda x, harusnya nggak makan nasi, kenapa nggak dibuang aja ya tadi, kenapa hrs aku habisin, kenapa nggak makan pepaya dingin di kulkas aja…. ) Begitu seterusnya. Dalam menulis introspeksi gisi ini, juga lihat kira-kira berapa persen karbohidrat, lemak, protein dan zat lain yang masuk ke dalam tubuh. Pasti kita bisa mengira-ira, hari itu kelebihan kalori yg masuk atau cukup atau lebih kecil.

13. Perhatikan jam makan. Kita sesuaikan waktu makan, seperti yang dilakukan masyarakat umum saja. Sarapan, antara pukul 6.00- 07.00. Tetaplah disiplin sudah sarapan pada jam itu, sehingga tidak kelaparan yang membuat lapar mata juga. Apalagi kalau pagi-pagi anda harus pergi berbelanja, dalam kondisi perut kosong, pasti akan berbelanja makanan secara berlebihan. Makan siang, pukul 12.00, jangan lebih dan jangan kurang. Ini untuk melatih kedisiplinan anda dalam memperlakukan fisik anda menghadapi makanan. Kalau mundur, pasti anda akan makan lebih banyak, dengan alasan, nggak papa makan banyak, toh udah mundur makannya, dendam dah kelaparan, karena harus makan mundur. Kalau waktunya maju, biarpun hanya 30 menit, akan menjadi bibit untuk terus mentolerir diri, akhirnya mrnjadi seenaknya dan tidak disiplin. Makan malam, pukul 17.00 – 18.00, yang ini harus, tidak boleh mundur maupun maju.

14. Cicip-cicip. Kebiasaan ini sering di remehkan. Apalagi kalau dalam sehari harus menyajikan makanan pada keluarga. Kalau bisa dihentikan, hentikan aja langsung, kalau nggak bisa, boleh tetapi hanya sepotong. Misalnya anda menggoreng tempe, boleh cicip sepotong saja. Dan tetap dicatat di Introspeksi Gizi. Dan kasih tanda bintang, bila anda berhasil mencicip satu potong, dan beri tanda x kalau anda mencicip lebih dari satu potong.

REALISTIS

1. Setelah mengukur tinggi badan dan berat badan, hitung punya hitung, berat badan anda kelebihan 20 kilogram. Nah lo. Sebuah kenyataan yang pahit. Rasanya nggak mungkin untuk mendapatkan berat badan seperti semula. Tetapi tugas besar itu, jangan sampai membuat anda pesimis.

2. Atur jadwal olah raga. Olah raga adalah cara untuk mempercepat penurunan berat badan. Dalam hal ini saya menyarankan olah raga dan mengatur pola makan, saya tak menganjurkan anda menurunkan berat badan dengan obat.

3. Bersikap realistis. Kalau anda menarget turun sampai 20 kg dalam diet anda, saya yakin dalam sebulan, anda akan patah. Berilah tugas pada diri anda angka yang realistis. Misalnya dua-tiga bulan ini, turun 5 kilo aja, berlanjut ke bulan berikutnya secara simultan. Penurunan berat badan, yang masih disetujui oleh para dokter ahli gisi adalah, turun antara1-2 kg berbulan.

4. Kalau anda menderita penyakit tertentu, seperti maag, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu kepada dokter, jangan asal hantam kromo aja. Kalaupun tidak diet, makanlah seperti biasa, seperti yang dianjurkan dokter anda, dan perbanyak porsi olah raganya.

OLAH RAGA

1.Sudah olah raga, sampai mandi keringat, tetapi mengapa berat badan tak bergeming ya ? Ini yang seringkali terjadi.

Makanlah minimal sejam, sebelum olah raga atau sejam setelah olah raga. Saat berolah raga, metabolisme tubuh melemah. Jadi makanan akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

2. Lakukan olah raga yang benar-benar anda sukai. Misalmya sebetulnya anda suka berenang, tetapi karena trendnya fitnes, anda pun ikut-ikutan fitnes. Tidak masalah sih, terserah, yang penting harus olah raga dalam kondisi enjoy.

Saat pertama melakukan program diet, lakukan pengukuran lingkar perut, lingkar pinggul, lingkar paha kanan dan kiri, lingkar betis, lingkat lengan dsb. Buatlah semacam grafik di kertas kotak, mengenai ukuran ini.

3. Juga buat grafik penurunan berat badan, agar bunda selalu terpacu dan bersemangat dalam menurunkan berat badan. Arah vertikal, angka untuk berat badan, mulai dari nol, sampai berat badan tertinggi saat ini. garis horisontal, untuk bulan, isi saja dengan bulan, seperti KMS (Kartu Menuju Sehat) Balita anda.

4. Periksa berat badan anda setiap bangun pagi. Setelah pipis, kalau bisa BAB, dan belum makan atau minum apapun. Sebab, itu saat yang paling akurat untuk mengetahui berat badan anda, Saya juga menganjurkan anda untuk memiliki timbangan badan di rumah. Timbanglah sesuai kebutuhan anda, bisa setiap hari, seminggu sekali atau seminggu dua kali. 5. Timbanglah dengan rutin, dan buat catatannya. Fungsinya untuk tetap mengontrol ada dalam hal asupan gizi dan makanan setiap hari.

6. Setiap habis olah raga, nafsu makan menjadi sangat besar. Hati-hati. Sediakan makanan rendah kalori setiap kali ingin mengemil setelah olah raga. Kalau saya, sehabis olah raga, biasanya mengkonsumsi dua buah pisang, atau wortel impor yang renyah, dan teh hangat dengan gula diet. (Jangan makan besar ya, makan besar harus sesuai jam).

Olah raga yang ideal dan mampu membakar lemak adalah minimal satu jam, persesi. Lakukan 4 sampai 5 kali dalam seminggu (untuk yang menurunkan berat badan) Tiga kali seminggu untuk yang hanya ingin mempertahankam berat badan.

7. Kalau anda tidak sempat melakukan olah raga secara terjadwal, lakukan kegiatan sehari-hari yang bisa menguras keringat, seperti bersepeda di taman dengan anak-anak, membersihkan taman depan rumah, bulu tangkis dengan suami di halaman depan, mencuci mobil dan sebagainya, ingat setelah malakukan semua kegiatan ini, hanya boleh ngemil buah.

SOSIAL

1. Salah satu hal yang jadi penghambat diet adalah orang lain. Saya hanya berkata jujur sedang diet pada orang-orang yang dekat dengan saya. Kalau dengan teman yang tak terlalu akrab, tak perlu menjelaskan apapun, daripada harus mendapatkan jawaban yang kurang menyenangkan, karena umumnya masyarakat masih menilai diet, sebagai sesuatu yang aneh, asing dan menyiksa diri.

2. Perempuan yang sedang diet, selalu mendapatkan pandangan yang miring dari orang lain, terutama perempuan lain.

Karena sudah sifat perempuan selalu iri, bila ada perempuan lain melakukan sesuatu yang tak bisa dilakukannya.

Setelah fitnes, saya jarang menjelaskan kepada ibu-ibu teman saya yang lain dalam kelompok saya, bahwa saya sedang menjalankan program penurunan berat badan dengan fitnes dan diet. Kebanyakan jawaban yang akan diperoleh sangat negatif. “Buat apa, sudah laku ini,”, “Menyiksa diri aja,”, “Repot amat, ngapain,” rata-rata jawabannya itu. Kalau tidak siap dengan jawaban itu, mendingan tak usah cerita pada siapa-siapa. Cerita pada sahabat yang mendukung program diet kita.

3. Dan tetap pakai prinsip, anjing menggonggong kafilah tetap berlalu. Silakan aja elo, sirik ama gw, emang gw pikirin. Elo dapat siriknya, gw dapet langsingnya. Saya sarankan menjauhi teman-teman yang sirik. Karena pasti mereka kalau tahu anda berdiet akan berusaha merusak program anda, dengan mengajak anda makan-makan yang membuat program diet anda rusak.

4. Seorang ibu mengeluh pada saya, dia ikut klub erobic bersama teman-temannya, tetapi sehabis senam, mereka selalu ramai-ramai pergi ke warung bakso. Kalau menolak akan diejek…. “waaah…. lagi diet ya, biar seperti Syahrini kali, tetap aja bukan artis lageee….”

5. Saya menyarankan dia mencari grup erobic lain yang membernya tidak saling kenal, jadi nggak perlu terganggu kesenangan komunal yang merusak dietnya. Akhirnya dia mendaftarkan diri di club Fitnes saya, dan selalu saya support untuk tetap diet, karena itu juga desakan suaminya.

PERNAK PERNIK

Ada beberapa barang yang akan selalu membuat anda ingin dan terpacu untuk berdiet dan berolah raga.

1. Gula diet, susu diet, syrup diet. Benda-benda ini, akan selalu membuat anda bersemangat untuk diet. Saya sediakan juga di rumah, setiap bepergian, tak lupa saya bawa gula diet, siapa tahu pengen ngopi, tanpa harus merasa bersalah.

2. Syrup diet di rumah juga ada, awalnya untuk jaga-jaga siapa tahu pengen bersenang-senang. Tetapi karena sudah mengganti kebiasaan minum manis dengan air putih dan teh tawar, syrup diet itu masih utuh di kulkas.

3. Miliki pakaian olah raga yang trendi. Beli yang kualitasnya bagus, jadi membuat anda bersemangat untuk olah raga. Karena orang akan menyukai penampilan anda saat olah raga. Sepertinya nggak masuk akal ya, tetapi itu nyata, apakah hati anda nggak berbunga dan tambah bersemangat, ketika teman-teman di fitnes memuji seragam olah raga anda yang trendi, juga sepatu merek terkenal yang sangat nyaman untuk olah raga.

4. Miliki sepeda, layang-layang, pakaian renang, topi olah raga yang cantik, tempat minum yang bagus, siapa tahu suatu pagi nan cerah menggelitik anda untuk menikmati redupnya, dengan berolah raga.

DIET adalah kesendirian, perjuangan dan harapan. Jangan pernah ditunda, kalau anda menundanya sampai besok, maka anda akan rugi satu hari. Kalau anda menunda seminggu, anda akan rugi 7 hari. Apalagi kalau menunda sebulan, anda kehilangan kesempatan turun berat badan 1-2 kilogram. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, kuncinya, tetap jujur pada diri sendiri dan disiplin, atau hanya akan sia-sia, dan dapat sengsara aja. Enjoy it, and be winner. Semoga bermanfaat.*Anggie D. Widowati, penulis novel Langit Merah Jakarta