LENSAINDONESIA.COM: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi kampus integritas pertama di Jawa Timur. Itu setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng kampus tersebut membuat program zona kampus integritas di Surabaya.

Sebelumnya di Jawa Barat, KPK juga sudah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Paramadina Jakarta untuk dijadikan kampus intergritas.

Salah satu bentuk dari zona kampus integritas, yakni akan dibukanya mata kuliah pendidikan anti korupsi di kampus itu. Mata kuliah ini dapat bersifat wajib maupun pilihan.

“Kita memilih Unesa karena berkaitan dengan sejarahnya yang berbentuk IKIP. Dulu, Unesa itu berbentuk IKIP yang mencetak guru-guru. Semoga dengan menjadikan Unesa sebagai kampus integritas, akan menggelorakan para alumninya yang mungkin banyak berprofesi sebagai guru untuk memberikan pendidikan antikorupsi di sekolah tempat mereka mengajar,” ujar Direktur Pendidikan dan Pelayanan KPK, Dedie Rachim, Kamis (15/12/2011).

Selain menjadikan Unesa sebagai kampus integritas, KPK bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga akan membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 2012. Sedangkan, untuk WBK wilayah kota saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Diharapkan dengan adanya WBK dan kampus integritas ini, ada sinergi antara pemerintah dengan sektor pendidikan. Akhirnya tinggal membangun masyarakat sipil anti korupsi untuk menjadikan Indonesia lebih bermartabat,” jelasnya. ian/LI-10