Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EKONOMI & BISNIS

Indonesia Raih Investment Grade dari Peringkat Internasional 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesia meraih peringkat investment grade untuk untuk peringkat utang pemerintahnya, setelah sekitar 14 tahun berada dibawah level investment grade. Hal itu diumumkan melalui International Fitch Rating pada Kamis 15 Desember 2011.

Ini tentu membuat pemerintah harus mengadakan pertemuan antar instansi pemerintah untuk meresponi gejolak baru ini.

Menteri Perindustrian M.S Hidayat kepada LICOM di Kementerian Perindustrian mengatakan, “Kami menduga investment grade akan diberikan pada tahun 2012 nanti. Dalam waktu dekat Menko akan segera mengadakan pertemuan para menteri terkait untuk mempersiapkan jika terjadi kenaikan atau lonjakan investasi di portfolio. Karena itu kita harus segera mengatasi beberapa kendala yang dirasakan oleh investor asing tetapi juga oleh investasi lokal,” katanya.

Menurut M.S Hidayat, kebijakan pada infrastruktur harus segera diatasi, sebab kendala infrastruktur dan regulasi yang menjadi bottle neck mesti segera dibereskan.

Menteri Hidayat melanjutkan ,”Keputusan pemerintah yang sedang dan akan dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi regulasi-regulasi yang menghambat tumbuhnya investasi  ini adalah bagian dari semangat pemerintah untuk membuat iklim investasi menjadi semakain kondusif,” lanjutnya.

Lebih dari 20 regulasi akan direvisi, diperbaharui, dan diadjust, termasuk undang-undang pengadaan tanah. “Mudah-mudahan hari ini disetujui oleh parlemen di paripurna. Di pansus sudah selesai. Undang-undang no 13 mengenai ketenaga kerjaan rencananya pada tahun 2012 akan direvisi, sehingga hambatan-hambatan yang dirasakan investor akan semakin berkurang,” paparnya.

Nah, begitu invesment grade ditetapkan oleh peringkat internasional,  pihaknya akan segera mereview yang menjadi bottle neck di Indonesia.valentino