LENSAINDONESIA.COM: Kementerian pariwisata memberikan keyakinan positif pada prospek turis wisata dari mancanegara dan domestik di tahun 2012. Caranya, dengan melakukan kegiatan promosi dan event baru yang diagendakan pada tahun 2012 nanti.

Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwan yang ditemui LICOM di Jakarta, Jumat (16/12/2011) mengatakan, “Kedatangan  turis di Indonesia di tahun 2011 ini diperkirakan hampir 7,5 juta untuk daerah kunjungan Bali, Jogja, Pulau Batam, Pulau Bintan dan NTB,” katanya.

Sapta melanjutkan, “Pada tahun 2012 kita akan fokus pada Asia dan Asean market dengan 10 negara pesertanya. Menurut prediksi ekonomi dan faktanya, di Eropa sedang mengalami krisis. Maka pasar Asia menjadi menarik,” lanjutnya.

Karena itu Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I) akan menjadi penunjang perbaikan di wilayah potensi wisata daerah.

“MP3I akan memperbaiki semua infrastrukturnya, perbaikan destinasinya dan even-even yang regular tetap kita adakan di seluruh daerah, seperti Ubud, Spirit of Bali, Tour of Singkarak, Regata,Sentani, ATF,Asean tourism forum, semua daerah mempunyai ikon,” tambah Sapta.

Sapta mengatakan, “Even baru di Palembang ada Triboatlon yang akan diadakan pada bulan September 2012, sebuah pertunjukan lomba dragon boat, kayak, dan boat biasa berestafet yang baru, ” ungkapnya.valentino