Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EKONOMI & BISNIS

Besok, Pertamina Mulai Optimalkan Stok BBM di Seluruh SPBU 

LENSAINDONESIA.COM: Jelang Libur Natal dan Tahun baru,  Pemasaran Niaga Jatim-Balinus Pertamina mengantisipasi terjadinya lonjakan stok BBM dan Non BBM serta menyiapkan satgas di beberapa titik wilayah Jawa Timur.

Berdasarkan rilis Pertamina yang diterima LICOM, Rabu (21/12), kebutuhan BBM untuk transportasi darat akan meningkat sebesar 5-10%. Oleh sebab itu, pihak Pertamina siap mengambil langkah sebagai berikut:

1.Membentuk SATGAS yang beranggotakan pekerja Pertamina dan Hiswana Migas. Yang bertugas memantau ketersediaan stock di terminal BBM juga di SPBU serta pangkalan (untuk minyak tanah, di wilayah yang belum closed/dry). Tugas yang lain yaitu  membuat laporan ke instansi terkait, mengevaluasi serta mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan dalam penanggulangan kondisi kritis. Satgas bertugas dari 22 Desember 2011 sampai dengan 7 Januari 2011.

2.Optimalisasi sistem distribusi, yakni, Bank Persepsi (Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan Bukopin) tetap buka dan menerima setoran pembelian BBM pada tanggal 26 Desember 2011 yang merupakan libur cuti bersama. Khusus untuk Bank Bukopin, mulai Bulan Juli 2009 lalu tetap membuka pelayanan penebusan BBM walaupun pada hari Sabtu dan Minggu.

Pertamina juga Menyiagakan seluruh terminal BBM di wilayah Pemasaran dan Niaga  Region V. Untuk Terminal BBM Surabaya Group (TSG) sudah beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, sedangkan terminal BBM lain di Jawa Timur dan  Bali, akan membuka pelayanan pada hari Minggu. Bahkan untuk wilayah Jawa Timur, ke-enam terminal tetap beroperasi pada hari Minggu/libur sejak tanggal 7 Agustus 2011 lalu.

3.Optimalisasi Pelayanan penjualan BBM di SPBU seperti, Meminta SPBU untuk meningkatkan stok di SPBU dan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk pengamanan SPBU. Tak hanya itu, Pengecekan kehandalan serta keselamatan (safety) bagi konsumen di SPBU pun, dilakukan oleh Tim HSSE (Health, Safety, Security, & Environment) Pertamina serta masing-masing dengan menambah setoran. Minimal cadangan stok yang disiapkan untuk 2 hari tetap terpenuhi.

Rustam Aji, External Relation PT Pertamina Divre V Jawa Timur menambahkan, Kesiapan ini dilakukan dengan tujuan agar kebutuhan BBM dan Non BBM untuk masyarakat selama merayakan libur Natal dan Tahun Baru senantiasa terpenuhi dengan lancar, dan dalam jumlah yang cukup.jefrey