Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DKI

Pangdam Jaya/Jayakarta: Menwa Harus jadi Tulang Punggung Negara 

LENSAINDONESIA.COM: Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, Bela Negara dan menambah mutu kualitas personel Menwa Jayakarta dalam semangat nasionalisme serta membina sikap mental fisik, disiplin yang baik, loyalitas yang tinggi.

Oleh karena itu, Kodam Jaya/ Jayakarta sebagai kompartemen strategis dan Pelaksana Tugas Pokok Kementerian Pertahanan, merasa terpanggil untuk melaksanakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bagi Menwa Jayakarta yang bertempat di Lembaga Pendidikan Rindam Jaya.

Hal ini dijelaskan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Waris memimpin Penutupan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bagi Resimen Mahasiswa Jayakarta TA. 2012 bertempat di Lapangan Upacara Chandradimuka Rindam Jaya Pasar Rebo Jakarta Timur, Selasa (10/1/2012)sore.

”Kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang telah dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 10 Januari 2012 bersifat non program, sebagai bentuk kepedulian Kodam Jaya/Jayakarta dalam upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah Air dan wawasan kebangsaan bagi anggota  Resimen  Mahasiswa Jayakarta,” jelasnya.

Menurut Pangdam Jaya mengatakan, agar para anggota Menwa Jayakarta dapat menjadi warga negara Indonesia  yang mengerti dan memahami tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang semakin cinta terhadap tanah airnya, serta memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara.

”Ikut berperan aktif dan bekerjasama dengan seluruh  komponen masyarakat dalam meningkatkan dan menciptakan stabilitas lingkungan dalam upaya terciptanya ketahanan wilayah serta meningkatkan kualitas maupun kuantitas komponen cadangan dalam mendukung sistem Pertahanan Semesta. Di samping itu, mampu memberikan contoh di lingkungan Perguruan Tinggi dengan meningkatkan disiplin, pantang menyerah serta mampu menjaga diri terhadap pengaruh negatif yang dapat merusak rasa persatuan dan kesatuan sesama warga negara,” kata Pangdam Jaya

Lebih lanjut Pangdam Jaya juga mengingatkan bahwa pendidikan Pendahuluan Bela Negara bertujuan menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air yang dijiwai oleh kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan akan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Baca Juga:  Pemkot Surabaya buka lowongan 705 CPNS, guru paling banyak dibutuhkan

”Kerelaan berkorban untuk negara dan dapat memberikan kemampuan bela negara bagi komponen bangsa termasuk  Mahasiswa yang merupakan kelompok intelektualitas harus menjadi tulang punggung dalam membela negara,” ujarnya.

Pangdam Jaya dalam arahannya menyampaikan bahwa Kodam Jaya/Jayakarta selalu mengutamakan pendidikan bagi para siswa-siswi juga para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil agar dapat melaksanakan tugas pokok lebih profesional.

”Tujuan dari pendidikan ini adalah agar membentuk para Menwa menjadi dapat lebih disiplin dan mempunyai kemampuan sehingga dapat diaplikasikan ke kampus masing-masing,” pesannya.

Acara tersebut dihadiri oleh Danrem 052/Wkt Kolonel Kav Andarias Pong Bija, para Perwira Staf Ahli Pangdam Jaya, Perwira LO AL dan AU, para Asisten Kasdam Jaya, para Kabalak jajaran Kodam Jaya, para Dansat jajaran Kodam Jaya, para Perwira Staf Rindam Jaya serta para siswa-siswi peserta pendidikan yang seluruhnya berjumlah 185 orang.winarko