LENSAINDONESIA.COM: Indonesia desak negara kawasan ASEAN  dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) segera mengimplementasikan Deklarasi Perilaku Para Pihak di Laut Cina Selatan, Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (DOC).

“Perlunya menjaga dan memanfaatkan momentum positif serta situasi kondusif yang telah dicapai dengan disepakatinya pedoman (Guidelines) yang ada,” jelas fasilitas Media dan Informasi Kementerian Luar Negeri RI dalam surat elektroniknya, terkait hasil pertemuan ASEAN-RRT, di Jakarta, Sabtu lalu (14/01).

Menurut rilis yang diterima LICOM, Senin (16/1), Indonesia akan berkomitmen untuk ikut terus mendorong implementasi DOC agar dapat terealisasikan, salah satunya melalui berbagai kerjasama praktis dan konkrit di Laut Cina Selatan.

“Hal tersebut dalam rangka memperkuat kerjasama maritim secara umum baik di kawasan maupun isu Laut Cina Selatan khususnya,” paparnya.

Untuk diketahui, pada tanggal 14 Januari 2012, telah diselenggarakan the 4th ASEAN-China Senior Officials’ Meeting on the Implementation of the Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (4th ASEAN-China SOM on DOC) yang dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN dan RRT serta Deputi Sekjen ASEAN di Beijing, RRT.hairul