LENSAINDONESIA.COM: Pulau Bali tetap menjadi destinasi menarik wisatawan terbukti sebuah kapal mewah The Legend of The Seas yang mengangkut ribuan turis singgah di Bali.

Kapal yang dinahkodai Capten Yngvar Krusten, sekira pukul  02.45 Wita, berhasil merapat ke Pelabuhan Benoa, Denpasar tanpa hambatan berarti.

Kapal dengan panjang sekitar 264 adalah kapal pesiar berukuran terbesar yang pernah singgah di Bali bahkan Indonesia.

“Kapal ini mengangkut sekitar 3000 penumpang termasuk kru 1.000 orang tentunya akan memberi dampak pada income cukup besar,” ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (16/1/2012).

Tidak hanya itu, citra pariwisata Indonesia di mata dunia akan semakin baik sehingga ke depan akan semakin banyak wisatawan asing yang datang berlibur.

“Sekitar 50 persen penumpang akan turun mengunjungi sejumlah obyek wisata di  Bali,” ujarnya didampingi Dirut PT Pelindo III Djarwo Surjanto, Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Dirjen Perhubungan Laut Kemal Heryandri.

Kedatangan mereka sudah tentu akan memberikan pendapatan bagi industri pariwisata seperti travel, artshop  dan lainnya. Sebab mereka akan berbelanja, makan dan membeli souvenir selama dua hari di Bali.

Kapal berukuran besar dapat bersandar ke Pelabuhan Benoa setelah sebelumnya dilakukan pemotongan karang tahun lalu sehingga kapal bisa bermanuver secara aman.

Sapta mengatakan, kedatangan kapal mewah ini semakin menjadi bukti bahwa sektor  pariwisata memiliki daya tahan terhadap krisis ekonomi global. Bahkan, sektor pariwisata bisa menyumbang penerimaan hingga 80 triliun ke APBN tahun 2011.

Karena itu, pemerintah optimis tahun ini akan mampu mendatangkan 8 juta wisatawan ke Indonesia.

“Setelah ini akan ada kapal lebih besar yang masuk uakni Rhapsody of the Seas, ukuranya lebih panjang 20 meter dari Legend of Yhe Seas,” kata GM Pelindo III Benoa Iwan Sabatini.

Iwan menambahkan, tahun ini akan ada 38 kapal yang mengunjungi Bali dan bersandar di sejumlah pelabuhan seperti Benoa; Tanah Ampo dan Celukanbawang.rohmat