LENSAINDONESIA.COM : Menanggapi acara Rembug Saudagar NU, Gubernur Jatim Soekarwo optimistis jika NU punya potensi luar biasa untuk memajukan perekonomian Jatim. Perekonomian Jatim, kata dia, berkaitan erat dengan perkembangan perekonomian warga NU.

“Jumlah penduduk Jatim mencapai kira-kira 37 juta orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persennya adalah warga NU. Oleh sebab itulah perekonomian Jatim berkaitan erat dengan perekonomian warga NU maupun sebaliknya. Potensi saudagar NU pun luar biasa,” kata Soekarwo usai pembukaan NU Expo di Grand City Mall Surabaya, Kamis (26/1).

Melalui Rembug Nasional Saudagar NU inilah Soekarwo berharap NU dapat memperluas dan memperkuat jaringan pengusaha NU yang sebagian besar berbasis pada UKM. “Dengan diperluasnya jaringan usaha di kalangan warga Nahdliyin, akan semakin terbuka lapangan kerja baru,” kata dia.

Gubernur juga mengatakan, NU dan Himpunan Pengusaha Nahdliyin harus mampu menumbuhkan kemandirian itu dalam seluruh jaringan NU, sebagaimana NU sendiri tumbuh menjadi organisasi muslim terbesar di Tanah Air.

Terakhir, Soekarwo juga menyebutkan pengalaman menunjukkan, bahwa salah satu upaya perbaikan kesejahteraan yang paling efektif dan cepat adalah melalui jalur pengembangan kewirausahaan. @anne