LENSAINDONESIA.COM : Menteri BUMN Dahlan Iskan mengimbau PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) agar semaksimal mungkin mempercepat proses layanan bongkar muat barang dipelabuhan. Mengingat, anteran bongkar muat terutama kapal pengangkut bahan pokok bisa mempengaruhi perekonomian nasional.

“Bongkar muat kapal pengangkut beras Bulog sering lambat, itu bisa mempengaruhi perekonomian,”katanya saat ditemui usai peresmian PT Pelindo Marine Service (PMS), sebuah anak perusahaan Pelindo III di Surabaya, Jumat (27/1).

Kedati mengatakan proses bongkat muat sering memakan waktu lama, namun mantan Dirut PLN itu tetap memberikan sanjungan kepada kinerja PT Pelindo III yang lebih baik BUMN operator pelabuhan yang lain.

“Pelindo III sudah bagus. Bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indoensia timur anteranya lebih parah, kapal bisa antri sampai sepuluh hari,”ujarnya.

“Di kawasan Indonesia timur banyak kapal yang sampai tidak beroperasi karena bongkar muat kapal pengangkut komoditas sangat lama,”kata mantan wartawan ini.rid