Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Soal Tambang di Samarinda, Menristek Desak Pemkot Bertindak Tegas 

LENSAINDONESIA.COM: Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh maraknya pertambangan di Samarinda mendapat perhatian serius dari mantan Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta. Bahkan, Gusti yang kini menjabat Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) ini meminta Pemkot Samarinda agar bertindak tegas.

“Saya rasa di Samarinda banyak perusahaan tambang batu bara. Pemkot harus tegas dengan perusahaan yang menambang tak sesuai kaidah lingkungan,” ujarnya usai silaturahmi bersama Pemprov Kaltim di Kantor Balitbangda (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Kaltim, Jl Jl MT Haryono.

Apalagi, menurutnya, dirinya juga sempat bertandang di pertambangan Samarinda untuk sidak (inspeksi mendadak). Saat itu, Gusti menyidak tiga perusahaan tambang batu bara di Samarinda, yakni CV 77, CV Bismillah Rest Kaltim dan KSU Mahatidana.

Hasilnya, ketiga perusahaan tambang itu diminta segera memperbaiki kerusakan lingkungan. Namun sayangnya, hanya VC Bismilah Rest Kaltim saja yang dihentikan oleh Pemkot Samarintah, sedangkan dua perusahaan lainnya hanya diberikan sangsi pembinaan.

Bahkan, Gusti berjanji akan mendiskusikan kerusakan lingkungan di Samarinda itu dengan Menteri Lingkungan Hidup. “Nanti saya akan sampaikan pesan dari wartawan, bagaimana progres tindak lanjut sidak Kementerian LH tahun lalu di Samarinda,” tegasnya. *dae