LENSAINDONESIA.COM : Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mengungkapkan adanya beberapa klub yang belaga di Liga Primer Indonesia (LPI) tidak siap menjadi klub profesional. Padahal sejak 2008 lalu, AFC telah meminta agar klub menjadi klub profesional.

“Beberapa klub di Indonesia tidak siap untuk menjadi sebuah klub profesional, karena tidak bisa lepas dari APBD,” kata Djohar, di Hotel Mulia, Selasa (31/1).

Sebenarnya, banyak cara untuk membiayai sebuah klub di Indonesia tanpa harus menyedot dana APBD. Yang paling masuk akal adalah uang masuk hasil dari hak siar tv dan sponsor.

Ia mengatakan, sampai saat ini, uang yang didapat dari hak siar relatif rendah. Bayangkan jika dibandingkan dengan Malaysia. Dari hasil hak siar saja bisa mendapatkan sedikitnya Rp 72 miliar.

Oleh karena itu, kini Indonesia tengah belajar menuju sebuah klub yang profesional. Setidaknya ada beberapa aspek yang harus dimiliki jika ingin menjadi klub yang profesional di antaranya, financial, infrastruktur, personal dan administrasi serta badan hukum.

“Saat ini kami tengah berusaha agar bisa mendapatkan Rp 1,3 triliun dalam 4 tahun. Diharapkan dana ini bisa membantu klub,” ujar Djohar.*noviar