LENSAINDONESIA.COM : Setelah gagal mendatangkan gelandang Cagliari Radja Nainggolan, klub raksasa Italia, Juventus akhirnya merekrut gelandang Atalanta, Simone Padoin, Selasa (31/1/12). Pilihan Juve membeli Padoin adalah untuk memperkuat barisa tengahnya.

“Padoin telah menyelesaikan proses kepindahan ke Juventus. Klub telah mencapai kesepakatan mengenai perpindahan secara permanen gelandang Atalanta tersebut ke Turin,” demikian pernyataan singkat di situs resmi juventus.com. Dalam pernyataan itu disebutkan, pemain berusia 27 tahun itu akan diikat kontrak selama lima musim.

Kendati begitu, situs resmi Juventus tidak memuat nilai transfer Padoin. Tetapi namun menurut Football-Italia, klub asal Turin itu merogoh kocek sebesar 4,5 juta euro (Rp 53,3 miliar), ditambah 500 ribu euro lagi jika Juventus berhasil memenangkan Scudetto musim ini.

Juventus sebenarnya sempat menjajal kemampuan Padoin, yang mereka pinjam untuk menjalani tur Amerika Serikat di awal musim 2009-10 lalu. Namun kemudian dikembalikan lagi ke klubnya.

Padoin menjadi alternatif terakhir setelah Juve gagal merekrut Radja Nainggolan dari Cagliari dan Valon Behrami dari Fiorentina.

Meski sering difungsikan sebagai gelandang sayap kiri, Padoin juga cukup fasih menjalankan peran sebagai bek kiri.

Sementara itu, bek kanan Marco Motta akhirnya dilepas ke Catania. Pemain berusia 25 tahun itu sebenarnya menjadi pemain kunci Juventus musim lalu, bermain sebanyak 25 kali. Namun sejak dipegang Antonio Conte musim ini, Motta sama sekali belum tampil.

Motta bergabung dengan klub besutan Vincenzo Montella dengan status pinjaman hingga akhir musim.rid/goal