LENSAINDONESIA.COM: Menteri Perdagangan Gita Wirjawan didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Deddy Saleh dan Sekretaris Jenderal Ardiansyah Parman menggelar konferensi pers tentang kinerja ekspor Indonesia tahun 2011, yang berlangsung di Auditorium Kemendag Jakarta. Konferensi Pers dihadiri Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo, Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Gusmardi Bustami dan Inspektur Jenderal Eddy Suseno.

“Ekspor Indonesia untuk tahun 2011 melampaui target USD 200 miliar. Total nilai ekspor tahun 2011 mencapai USD 203,6 miliar atau meningkat 29,1% dibanding tahun 2010. Nilai tersebut dua kali lipat lebih besar dari nilai ekspor lima tahun yang lalu (2006). Menurut Mendag pencapaian ini sangat membanggakan mengingat Indonesia adalah salah satu dari sedikit yang mampu melipatgandakan nilai ekspornya dalam kurun waktu lima tahun selain Belgia, Rusia, Swiss, Amerika Serikat dan Brazil,” kata Gita di Jakarta, Rabu (01/02).

Lebih lanjut dikatakan bahwa peningkatan nilai ekspor Indonesia didorong oleh peningkatan ekspor non-migas sebesar USD 162 miliar. Ekspor non-migas Indonesia selama tahun 2011 didominasi oleh barang-barang industri, dengan komposisi sekitar 60 persen dari total ekspor sektor non-migas. Ekspor produk industri non-migas mencapai USD 122,2 miliar meningkat 24,7% dari periode yang sama tahun lalu. (hidayat)