LENSAINDONESIA.COM: Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. melaksanakan kunjungan kerja ke Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)  Jl. Ampera No. 7 Jakarta, Kamis (2/2).

Dalam kunjungan tersebut Panglima TNI diterima oleh Kepala ANRI M. Asichin, S.H. di Ruang Tamu VIP ANRI, selanjutnya meninjau ruang baca dan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa (DSPB) ANRI. Panglima TNI beserta rombongan mendapatkan penjelasan dari pemandu kegiatan yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa berdasarkan arsip nasional, dimulai dari Masa Kejayaan Nusantara, Perjuangan Melawan Penjajahan, Kebangkitan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, Masa Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan serta Masa Reformasi.  Usai melihat diorama, Panglima TNI berkesempatan menyaksikan cuplikan film dokumenter  tentang “Sejarah Presiden RI Soekarno” dan  “Pengabdian Tanpa Titik Akhir” yang menceritakan tokoh-tokoh nasional serta sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa arsip nasional perlu terus dijaga kelestariannya dan ditingkatkan data-datanya sehingga selalu update agar  masyarakat bisa mengikuti perkembangannya dari awal hingga saat ini.

Arsip ini perlu diketahui dan dipahami oleh masyarakat sehingga dalam mengisi kemerdekaan ini, dapat terus membangun yang nantinya bisa tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pendiri negara ini yaitu kemakmuran bangsa Indonesia.

Selain itu juga, bagi masyarakat yang berkunjung tidak hanya mengetahui asal usul tetapi juga mempunyai pemahaman tentang arsip yang lengkap dan dapat pula dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan yang benar di masa depan berdasarkan arsip yang ada di ANRI.

Dalam kunjungan tersebut Panglima TNI didampingi antara lain oleh Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Hotma Marbun, Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Among Margono, S.E., Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara dan Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah serta Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E.. Sedangkan Kepala ANRI didampingi oleh Sekretaris Utama Gina Masudah Husni, M.Hum., Deputi Bidang Konservasi Arsip Drs. Mustari Irawan, MPA dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dra. Dini Saraswati, MAP.badaruddin