Advertisement

LENSAINDONESIA.COM : Memeringati World Cancer Day, Angel Voice Indonesia gelar penggalangan dana untuk pengobatan pasien kanker yang tidak mampu. Acara yang diberi nama To Love and To Care ini digelar di MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta, hari ini.

Penggalangan dana tersebut sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker.

Tidak hanya penggalangan dana, acara yang digelar sejak pukul 10.00 WIB ini, juga menghadirkan popular talk show bersama beberapa dokter terkemuka terkait penyakit ini di antaranya dr Samuel Haryono, SpB (K); Prof. Dr dr Aru W Sudoyo, SpPD KHOM FACP; dr Samuel Oetoro, SpGK, dan dr Endah Ronowulan, SpKJ.

Angel Voice Indonesia mencatat, setiap tahun lebih dari 12,7 juta orang didiagnosis menderita kanker. Dan 7.6 juta di antaranya meninggal akibat penyakit tersebut.

Penyebab tingginya angka penderita kangker itu sepenuhnya belum jelas, namun 90 persen karena faktor lingkungan dan gaya hidup.

“Penyakit ini sangat mendominasi. Indonesia dengan populasi 230 juta jiwa, setiap tahunnya sekitar 292 ribu pasien baru terdiagnosis kanker.  Dan, sekitar 215 ribu oran meninggal akibat kanker,” kata Ketua Angel Voice Indonesia, Hanny Moniaga  kepada LICOM, usai memperingati World Centre Day dengan tema “To Love and To Care” di MRCCC  Siloan Semanggi,  Jakarta Sabtu (4/2/2012).

Menurut Hanny,  jenis kanker terbanyak di indonesia adalah kanker payudara, serviks, kanker hati, paru, kanker kulit, nasofaring, kanker usus besar, Leukemia dan limfoma. “”1/3 kasus kanker dapat dicegah, dan 1/3 lainnya bisa disembuhkan lewat deteksi dini dan terapi yang cepat dan tepat,” tambahnya.

Dikatakan Hanny, penyakit kankar dapat disembukan melalui deteksi dini dan terapi yang cepat dan tepat.*kasyanto yasran