Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Bappeda Kaltim Janji Petani Tak Akan Jadi 'Sapi Perahan' 

LENSAINDONESIA.COM: Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kalimantan Timur (Kaltim) berjanji jika petani akan tetap menjadi prioritas utama dalam megaproyek food estate.

Demikian dikatakan Rusmadi, Kepala Bappeda Kaltim, menyusul adanya megaproyek food estate. Bahkan, sekarang ini pemerintah tengah memantapkan secara detail pola investasi bagi para investor.

Pernyataan Rusmadi kali ini menepis anggapan bahwa investor nantinya hanya akan memanfaatkan lahan maupun tenaga petani tanpa imbalan yang sesuai.

“Polanya begini, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan investor memberi benih, petani menanam dan mendapat upah. Begitu panen, hasilnya pun dibeli petani. Jika panennya melebihi target akan dapat bonus,” ujarnya.

Selanjutnya, akan terbentuk industri hilir di bidang pangan dalam hasil panen. Meski, tentunya harus adanya dukungan infrastruktur dalam proyek ini.

“Jadi kalau petani sudah memiliki lahan, itu tetap menjadi miliknya dan mereka sendiri yang mengelola,” tegasnya.

“Tetapi jangan sampai investor yang menanam modalnya lalu memanfaatkan petani dengan imbalan yang tidak sesuai,” tandas politisi asal PPP ini.

Bahkan, Rusmadi yakin bahwa food estate merupakan strategi untuk mengubah industri di Kaltim. Dan program ini juga masuk MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). *dae