LENSAINDOENSIA.COM: Kebakaran hebat besar terjadi di perumahan padat penduduk di Jalan Lautze RW 06 dan RW 07, Kelurahan Kartini, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (7/2/2012) petang.

Berdasarkan data dilapangan, tercatat 8 RT yang menjadi korban kebakaran yakni di RT 02, RT 03, dan RT 011, yang berada di RW 06, Jalan Lautze Dalam, Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Serta RT 012, RT 013, RT 014, RT 015 dan RT 016, yang berada di RW 07.

Api diperkiran mulai berkobar Pukul 14.00 WIB. Akibat terlalu besarnya api, petugas kemadam kebakaran sampai mengerahkan sedikitnya sekitar 35 unit mobil kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) Gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta, Sudin Jakarta Pusat ,dan Kecamatan Sawah Besar. Api baru dapat di jinakan pada pukul 19.30 Selasa (07/2/2012) malam ini.

Kepala Dinas Kebakaran Provinsi DKI Jakarta, Paimin Napitupulu di lokasi Kebakaran Mengatakan, dipastikan puluhan rumah dikawasan tersebut telah hangus terbakar.

Menurutnya, saat peritiwa kebakaran terjadi, petugas pemadam mengalami kesulitan masuk ke lokasi karena terhalang macet. Selain itu, akibat ulah para warga sangat emosi dan panik masing-masing menarik maupun merebut selang air dari petugas pemadam kebakaran membuat proses pemadaman menjadi kurang terkodinasi.

“Setelah kami beri pengertian kepada seluruh warga yang ada di lokasi terkena Kebakaran, akhirnya kami berhasil memadamkan api yang sempat sulit di kendalikan itu selama 5 jam,”jelasnya

Selanjutnya saat di tanya mengenai penyebab kebakaran Paimin Napitupulu mengatakan, bahwa diperkirakan api dari wilayah RW.07 akibat tabung gas meledak. Kerugian harta benda di taksir milyaran rupiah.*ichsan