LENSAINDONESIA.COM : Guna memperlancar arus petikemas, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Banjarmasin mulai menggunakan Container Yard (CY) Lumba-lumba yang berlokasi di Jl. Lumba-lumba. CY ini difungsikan sebagai lapangan penumpukan kegiatan stripping container empty dan container full.

Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, CY Lumba-lumba memiliki luas +15.200 M2, yang terdiri atas dua area, yaitu +7.472 M2 atau setara dengan 210 ground slot untuk area stripping container full dan area seluas + 7.798 M2 atau setara dengan 144 ground slot digunakan untuk area stripping container empty.

“Selanjutnya CY Lumba-Lumba akan dikerjasamakan dengan perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa Pelindo III Cabang Banjarmasin, yaitu PT. Meratus, PT Bintang Jasa Samudera Line, dan PT. Salam Pacifik Indonesia Line,”ujarnya melalui rilis yang dikirim, Rabu (8/2/2012).

Guna menunjang memperlancar kegiatan stripping di area CY Lumba-Lumba, Pelindo III Banjarmasin melakukan pembagian area, sehingga setiap perusahaan yang bekerjasama sudah mendapatkan lokasi pada CY yang telah ditentukan.

Menurut Humas Pelindo III, keberadaan CY Lumba-Lumba sebagai tempat kegiatan stripping container dinilai penting, terlebih lagi dengan arus petikemas di terminal petikemas Banjarmasin yang terus mengalami kenaikan pertahunnya.

Dilihat dari data realisasi petikemas tahun 2010 tercatat sebanyak 298.071 TEU’S atau 274.945 Box dengan rata – rata 22.912 box perbulan, sedangkan realisasi tahun 2011 arus Petikemas di Pelabuhan Banjarmasin tencatat sebanyak 365.170 TEU’S atau 335.734 Box dengan rata rata 27.977 box perbulan.

Untuk waktu yang akan datang, tidak menutup kemungkinan, arus petikemas Banjarmasin akan terus meningkat seiring meningkatnya trend pengiriman barang menggunakan kemasan container.

Dengan diresmikannya CY Lumba-lumba, diharapkan peningkatan arus petikemas pelabuhan Banjarmasin dapat diantisipasi dan kelancaran arus distribusi petikemas yang ada di terminal Banjarmasin dapat terjamin.

Pengoperasian CY Lumba-Lumba diharapkan juga akan berdampak pada terciptanya pelayanan terminal petikemas Pelindo III Cabang Banjarmasin yang lebih baik dan dapat memberikan kepuasan ke pengguna jasa.LI-13